Penggunaan Social Media Marketing Sebagai Strategi Promosi Event (studi pada facebook dan twitter pada event INDIE CLOTHING EXPO, di PT. Dyandra Promosindo Cabang Surabaya)”
Main Author: | Erlangga, Bayu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/120023/ |
Daftar Isi:
- PT. Dyandra Promosindo merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di usaha penyelenggaraan pameran (PEO) di Indonesia yang pusatnya berada di kota Jakarta. Indie Clothing Expo adalah merupakan salah satu Event terbesar yang dibuat oleh PT. Dyandra Promosindo Cabang Surabaya dan akhirnya ditiru oleh cabang-cabang lain di seluruh Indonesia. Perbedaan event ini dan event lainnya di PT. Dyandra adalah event ini menitik beratkan promosinya pada social media marketing dan bukan pada legacy media seperti pada umumnya. Penelitian komunikasi bisnis ini dilatarbelakangi oleh perkembangan dunia social media sebagai salah satu dampak dari berkembangnya internet dan web 2.0 nya, yang semakin hari semakin diminati oleh banyak orang dan merupakan situs wajib bagi sebagain besar orang di Indonesia pada umumnya. Social media telah banyak merubah polo kehidupan dan system pemasaran didunia bisnis. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui alasan, strategi, dan efektifitas digunakannya social media marketing dalam mempromosikan event ICE. Metode penelitian yang dipergunakan yaitu metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan pendekatan interpretative. Teknik pengumpulan data dalam penelitian kualitatif ini adalah dengan cara wawancara dan dokumentasi. Kegiatan-kegiatan promosi yang dilakukan PT. Dyandra Promosindo Cabang Surabaya lewat social media marketing selain dengan pemanfaatan fitur dari social media itu sendiri adalah dengan cara melakukan pendekatan pada komunitas local, agar dalam penyebaran informasi ICE, dapat lebih luas dan tidak hanya oleh pihak penyelenggara saja, dan dengan menjaga hubungan baik di social media agar followers merasa di hargai keberadaannya di social media ICE. Keefektifan dari social media marketing dalam event ini pun cukup seknifikan, dan dapat dilihat dari jumlah followers yang mencapai ribuan serta penggunjung yang melonjak dari 22 ribu menjadi hampir 45 ribu di setiap event nya.