Strategi Bauran Promosi (Promotion Mix) dalam Upaya Meningkatkan Pemasaran Produk (Studi pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, Kantor Cabang Tulungagung

Main Author: Wardhanie, BettaNur
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/120022/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini mengkaji strategi bauran promosi yang dilakukan oleh Penyelia Penjualan dan Pemasaran PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, Kantor Cabang Tulungagung dalam upaya meningkatkan pemasaran produk. Penyelia Penjualan dan Pemasaran melakukan strategi bauran promosi dalam bentuk periklanan, personal selling , public relations , promosi penjualan, pemasaran langsung, dan pemasaran interaktif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tataran analisis deskriptif karena peneliti ingin mendeskripsikan sedalam-dalamnya bagaimana strategi bauran promosi mampu meningkatkan pemasaran produk PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, Kantor Cabang Tulungagung. Data yang digunakan pada penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara kepada Pimpinan Cabang, Penyelia Penjualan dan Pemasaran, serta beberapa nasabah PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, Kantor Cabang Tulungagung. Data yang telah diperoleh selanjutnya dianalisis dengan metode analisis data Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, Kantor Cabang Tulungagung dalam upaya meningkatkan pemasaran produk-produknya menerapkan strategi periklanan yang diwujudkan melalui pemasangan spanduk, brosur, banner , baliho, dan poster. Strategi personal selling yang dilakukan melalui Customer Service Officer kepada target pasar potensial. Strategi public relations yang dilakukan melalui publisitas di surat kabar lokal setempat. Strategi promosi penjualan yang diterapkan melalui undian berhadiah Rejeki BNI Taplus, potongan harga, dan hadiah langsung. Strategi pemasaran langsung yang diwujudkan melalui pengiriman surat langsung ( direct mail ) dan telemarketing kepada orang-orang yang berpotensi menjadi nasabah. Strategi pemasaran interaktif yang diterapkan melalui program e - Banking yaitu pemasaran yang menggunakan sistem berbasis Internet berupa website PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk .