Analisis Persepsi Konsumen Tentang Kualitas Pelayanan Dan Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Pedagang Suku Madura di Pasar Besar Malang)
Main Author: | Riyana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/120002/ |
Daftar Isi:
- Pasar Besar Malang (PBM) merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli. Di pasar tradisional terdapat beberapa penjual yang mempunyai latar belakang budaya berbeda, salah satunya adalah pedagang dari suku Madura. Suku Madura terkenal dengan stereotip negatif yang melekat walaupun tidak semuanya adalah benar. Penelitian ini bertujuan untuk memahami persepsi konsumen tentang kualitas pelayanan pedagang Suku Madura di PBM dan untuk menganalisis proses pengambilan keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini menggunakan teori persepsi konsumen, komunikasi persuasi, kualitas pelayanan dan keputusan pembelian konsumen. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data interaktif dari Miles dan Huberman, sedangkan untuk keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Dari hasil pembahasan, dalam persepsi konsumen, konsumen menginterpretasikan stimulus yang diberikan oleh pedagang Madura, sehingga dari stimulus tersebut akan muncul persepsi konsumen yang bersifat positif dan negatif. Persepsi positif dapat berupa penilaian terhadap apa saja yang melekat pada suatu produk atau pelayanan yang dapat menimbulkan kepuasan dan kenyamanan pada konsumen sehingga konsumen pun cenderung mengambil keputusan pembelian. Sebaliknya, jika pelayanan yang diberikan oleh pedagang buruk, maka persepsi konsumen bersifat negatif. Walaupun konsumen memiliki persepsi negatif, namun bukan berarti konsumen tidak melakukan pengambilan keputusan pembelian. Adakalanya pembelian tetap dilakukan karena adanya motif yang melatarbelakangi keputusan pembeliannya, misalnya harga barang, kualitas barang, pelayanan dan kebutuhan yang harus dipenuhi saat itu juga.