Efektifitas Newsletter Sebagai Media Komunikasi dan Informasi Publik Internal Perusahaan PT. Semen Gresik (Persero), Tbk

Main Author: Fata, Miftachul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/119999/
Daftar Isi:
  • Dalam pengertian teori uses and gratification, publik dinilai lebih aktif untuk menggunakan atau memilih media yang akan mereka gunakan oleh karena itu supaya media dipilih dan dibaca, media yang diterbitkan harus mampu memenuhi tiga fungsi yang dibutuhkan oleh publik yaitu : fungsi sosial, fungsi mengawasi, dan fungsi diversi . Dengan pemenuhan ketiga fungsi tersebut dan digunakannya sebuah media, media tersebut sudah dapat dikategorikan efektif. Keefektifan media sebagai sarana komunikasi dan informasi publik, dapat tercapai jika variabel penting yang menjadi dasar dalam perencanaan dan penerbitan sebuah media telah dipenuhi. Variabel yang dimaksud adalah Isi berita, gaya dan format, dan kontinuitas. Terpenuhinya ketiga Variabel yang menjadi dasar sebuah media cetak tersebut akan mengakibatkan media tersebut digunakan dan dipilih oleh publik atau khalayak. Oleh karena itu untuk membuktikan apakah ketiga variabel diatas menjadi factor yang berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap efektifitas newsletter sebagai media komunikasi dan informasi public internal, dilakukan penelitian. Penelitian ini menggunakan metode survey terhadap beberapa karyawan sebagai sample dari keseluruhan karyawan perusahaan yang menjadi populasi. Dalam penelitian ini dilakukan uji rentang skala untuk melihat dan mengukur tingkat efektifitas newsletter tersebut terhadap audiencenya, selain itu juga digunakan uji regresi linear berganda , uji F, dan uji T untuk mengukur pengaruh factor-faktor newsletter tersebut secara simultan dan secara parsial. Setelah dilakukan penelitian ini, didapatkan hasil bahwa ketiga factor yang berada di dalam newsletter (isi berita, gaya dan format,kontinuitas), secara simultan dan parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap efektifitas newsletter. Hal ini dapat juga dilihat dari hasil uji rentang skala dimana hasil pengujian berada dalam skala/rentang yang efektif.