Persepsi pengakses website merchandise bersertifikasi resmi Arema tentang fitur, konten, dan pelayanan sebagai bentuk komunikasi pemasaran studi pada pengakses www. ongisnadestore.com
Main Author: | Nuraida, Laily |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/119997/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pengakses website http://www.ongisnadestore.com/ tentang fitur, konten, dan pelayanan sebagai bentuk komunikasi pemasaran. Komunikasi pemasaran adalah proses pengkomunikasian strategi pemasaran suatu perusahaan kepada konsumen agar produk bisa diterima dengan baik. Pesatnya perkembangan Internet didorong dengan jumlah pengakses yang kian meningkat memunculkan bentuk baru komunikasi pemasaran yaitu ecommerce. Artinya, suatu perusahaan menawarkan untuk bertransaksi melalui Internet ( online) . Komunikasi dengan konsumen dalam e-commerce dibangun melalui website, blog, bahkan jejaring sosial. Peluang bisnis melalui e-commerce salah satunya telah diterapkan oleh ONGISNADE store melalui website. Website sebagai media komunikasi pemasaran menjalankan salah satu sifat komunikasi yaitu instrumental. Suatu website terlebih online store seharusnya bisa mempersuasif pengaksesnya untuk melakukan pembelian melalui pesan komunikasi pemasarannya. Hal yang menjadi topik sentral dalam penelitian ini adalah apakah persepsi yang dimiliki pengakses sudah sesuai dengan persepsi yang diharapkan oleh pemasar ONGISNADE store melalui pesan komunikasi pemasaran dalam website -nya. Persepsi disebut inti komunikasi karena jika persepsi kita tidak akurat, tidak mungkin kita berkomunikasi dengan efektif. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan mampu menjawab pertanyaan tersebut sehingga nantinya bisa dilakukan evaluasi dan menjadi masukan untuk pengembangan website ke depannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah grounded theory . Peneliti melakukan proses analisis dengan tiga tahapan koding yaitu koding terbuka, koding aksial, dan koding selektif. Persepsi dipengaruhi oleh pengalaman, harapan, motivasi, dan sikap sehingga hasil penelitian diklasifikasikan berdasar aspek-aspek tersebut. Hasil pengolahan dari keempat aspek tersebut peneliti kerucutkan menjadi persepsi positif dan persepsi negatif sehubungan dengan fitur, konten, dan pelayanan www.ongisnadestore.com . Aspek yang dipersepsi negatif oleh pengakses telah peneliti sampaikan pada pihak ONGISNADE store untuk menjadi bahan pertimbangan website yang di- relaunch pada 11 Juli 2011.