Pengaruh Brand Image terhadap Keputusan Konsumen dalam Melakukan Pembelian di Giant

Main Author: Afif, RiezaRamadhani
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/119988/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini betujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh Brand Image yang terdiri dari variabel citra pembuat, citra pemakai, dan citra produk terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian di Giant Malang, baik secara simultan maupun parsial serta untuk mengetahui variabel mana yang mempunyai pengaruh dominan. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesa. Sampel penelitian ini adalah 120 responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi liniear berganda. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi linier berganda menunjukan bahwa baik secara simultan maupun parsial varibael citra pembuat (X 1 ), citra pemakai, citra produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen dalam melakukan Pembelian di Giant Malang. Sedangkan Variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan konsumen dalam melakukan Pembelian yaitu variabel citra produk (X 3 ). Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah ketiga variabel independen yaitu citra pembuat, citra pemakai, dan citra produk baik secara simultan maupun parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian di Giant. Variabel citra produk (X 3 ) merupakan variabel yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian di Giant Malang. Dengan diketahui bahwa ketiga variabel brand image memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen, diharapkan perusahan Giant dapat mempertahankan citra merek yang terbentuk saat ini.