Strategi Komunikasi Pemasaran Produk Rokok PT. Cakra Guna Karya Nusa Malang
Main Author: | AndiHariyanto |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/119956/ |
Daftar Isi:
- Strategi pemasaran memiliki beragam cara, sebuah perusahaan dapat memilih strategi apa yang diinginkan dan yang paling sesuai dengan keadaan perusahaan tersebut. Salah satu strategi pemasaran adalah penggunaan strategi Komunikasi Pemasaran dalam memasarkan sebuah produk baik barang maupun jasa. Strategi Komunikasi Pemasaran ini memadukan komponen-komponen Komunikasi pemasaran yaitu, meliputi pemasaran langsung ( direct marketing ), promosi penjualan ( sales promotion ), hubungan masyarakat ( public relations ), penjualan pribadi ( personal selling ) dan periklanan ( advertising ). Strategi ini dilakukan oleh sebuah perusahaan rokok untuk mendapatkan keuntungan yang diinginkan oleh perusahaan, selain itu Strategi Komunikasi Pemasaran juga diharapakan dapat membentuk citra merek produk tertentu. Penelitian ini mengambil PT. Cakra Guna Karya Nusa Malang sebagai objek penelitian, PT. Cakra Guna Karya Nusa Malang merupakan salah satu perusahaan rokok di Malang yang mempunyai segmentasi kelas menengah kebawah. Dimana tiga produk PT. Cakra Guna Karya Nusa Malang yang menjadi analisis yaitu N-30, Cakra De luxe , dan Mahayana. Fokus penelitian ini adalah pada penggunnaan konsep komunikasi pemasaran sebagai strategi pemasaran produk rokok PT. Cakra Guna Karya Malang dalam pemasarannya. Dimana, strategi pemasaran ini telah dilakukan PT. Cakra Guna Karya Nusa mulai awal berdirinya yaitu mulai tahun 2006. Metode dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan tataran analisis deskriptif. Sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis filling system . Dari hasil analisis ini dapat diketahui bahwa PT. Cakra Guna Karya Nusa Malang menggunakan strategi Komunikasi Pemasaran sebagai strategi pemasaran produk rokoknya yaitu dengan memadukan komponen-komponen Komunikasi pemasaran yaitu, meliputi pemasaran langsung ( direct marketing ), promosi penjualan ( sales promotion ), hubungan masyarakat ( public relations ), penjualan pribadi ( personal selling ) dan periklanan ( advertising ).