Pengaruh Desain Kemasan Botol Plastik atau PET (Poly Ethylene) Fruit Tea terhadap Keputusan Pembelian Studi pada Mahasiswa/mahasiswi Jurusan Komunikasi Angkatan 2006-2009 Universitas Brawijaya Malan
Main Author: | FajruNurAna`Ah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/119951/ |
Daftar Isi:
- Desain kemasan merupakan salah satu strategi perusahaan untuk dapat melakukan persaingan dalam dunia bisnis, selain itu untuk dapat menciptakan citra merek dalam benak konsumen yang bertujuan untuk menarik konsumen sebanyakbanyaknya sehingga konsumen melakukan keputusan pembelian terhadap produk tersebut. Hal yang menjadi kelebihan desain kemasan yang memang sangat diperhatikan oleh konsumen sebagai bahan pertimbangan mereka dalam melakukan keputusan pembelian, adalah sebagai berikut : ukuran dan bentuk dari kemasan, bahan dari kemasan, warna dari kemasan suatu produk, merek dan label yang terdapat pada kemasan. Unsur-unsur tersebut dianggap begitu penting bagi konsumen, dengan demikian k onsumen pun dapat merasa terangsang untuk melakukan keputusan pembelian terhadap produk tersebut, sedangkan perusahaan menginginkan agar konsumen merasa puas terhadap desain kemasan yang telah diberikan oleh perusahaan kepada produk mereka, maka mereka pun terus berusaha untuk dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen. Penelitian ini dilakukan di kalangan mahasiswa dengan mengambil sampel sejumlah 90 responden jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Brawijaya Malang angkatan 2006-2009 pada bulan juni 2010. Metode yang digunakan adalah survey. Pengolahan data yang digunakan untuk uji instrument data adalah uji validitas dan reliabilitas, untuk uji asumsi klasik menggunakan uji normalitas dan Uji Heterokedastisitas, sedangkan untuk metode analisis datanya menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda serta pengujian hipotesis menggunakan Pengujian Secara Simultan (Uji F) dan secara parsial (Uji t). Pengolahan data ini dibantu dengan program SPSS 16,0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis data dengan metode analisis Regresi Linier Berganda menunjukkan bahwa Ukuran dan Bentuk kemasan (X 1 ), Bahan kemasan (X 2 ), Warna kemasan (X 3 ), Labelling (X 4 ), Merek (X 5 ) terdapat pengaruh yang signifikan terhadap variabel Keputusan membeli Konsumen (Y), maka PT Sinar Sosro hendaknya dalam melakukan kebijakan pemasaran produk sehingga akan menghasilkan keputusan membeli konsumen dan sebaiknya pihak Sosro lebih mempertahankan dan memprioritaskan kelima variabel desain kemasan tersebut.