Pengaruh Kredibilitas Selebriti dalam Iklan Ponds di Televisi terhadap Persepsi Beauty concept

Main Author: ZahrialMajid
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/119942/
Daftar Isi:
  • Salah satu hal yang ada pada sebuah iklan televisi adalah dengan menampilkan selebriti sebagai sumber penyampai pesan. Tujuan penggunaan selebriti ini salah satunya dalam rangka membentuk sebuah persepsi di benak penonton. Salah satu contoh iklan televisi produk krim pemutih wajah adalah iklan Ponds. Pada iklan ini digunakan Bunga Citra Lestari sebagai selebriti sebagai sumber penyampai pesan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kredibilitas selebriti dalam iklan Ponds di televisi terhadap terbentuknya persepsi beauty concept . Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif dan teknik analisis data regresi linier berganda. Pada penelitian ini populasinya berjumlah 698 orang, dan menurut Umar (2002:134) besar sampel penelitian ini berdasarkan rumus Slovin sebesar 87 orang. Dari hasil analisis data dan pembahasan ditemukan ada pengaruh yang signifikan antara variabel X 1 , X 2 , dan X 3 terhadap Y dengan diperoleh F hitung sebesar 48.829 yang lebih besar dari F tabel (4,04), sehingga dapat disimpulkan bahwa H 0 ditolak. Pada penelitian ini, variabel yang paling mempengaruhi persepsi beauty concept adalah variabel sifat menyenangkan. Untuk mengetahui naik turunnya persepsi beauty concept menggunakan persamaan regresi linier berganda Y = 4,113 + 0,424X 1 + 0,407X 2 + 0,41X 3. Berdasarkan persamaan regresi tersebut, pengaruh keahlian, sifat dapat dipercaya, dan sifat menyenangkan terhadap persepsi beauty concept yang ditimbulkan adalah positif. Hasil analisis yang ditemukan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara keahlian, sifat dapat dipercaya, dan sifat menyenangkan terhadap persepsi beauty concept sebesar 63,8 persen. Sisanya sebesar 36,2 persen dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.