Prabowo Subianto Dalam Iklan Politik Partai Gerindra Pemilu Legislatif 2009 Analisis Semiotika Penggambaran Prabowo Subianto Dalam Iklan Politik Partai Gerindra Versi ”Stimulus Bagi Rakyat”

Main Author: CitraPurnamasari
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/119936/
Daftar Isi:
  • Kompetisi politik dalam Pemilu Legislatif tahun 2009 mengharuskan seluruh peserta pemilu bekerja keras dengan harapan mendapatkan dukungan rakyat untuk dikonversikan menjadi jumlah kursi legislatif di DPR. Sistem multipartai yang melahirkan banyaknya partai yang bertarung, menjadikan kompetisi semakin ketat. Maka salah satu ukuran ketatnya persaingan di pentas politik itu ditandai dengan banyaknya iklan kampanye politik yang tersebar dimana-mana melalui berbagai media massa, khususnya televisi. Partai Gerindra merupakan salah satu partai politik baru yang turut meramaikan kompetisi politik pada Pemilu 2009. Partai Gerindra mengusung Prabowo Subianto sebagai tokoh utama. Prabowo Subianto diketahui berada di balik berdirinya Partai Gerindra. Iklan mensejahterakan petani dan nelayan serta membeli produk dalam negeri merupakan sebuah pembuka pintu dalam rangka meraih dukungan rakyat Indonesia. Tujuan dari penelitian ini untuk memberikan deskripsi dan analisis mengenai penggambaran seorang Prabowo Subianto sebagai agen perubahan dalam iklan politik Partai Gerindra versi “Stimulus Bagi Rakyat” pada Pemilu Legislatif 2009. Penggambaran tersebut ditampilkan dalam media televisi dalam bentuk audio visual berupa tanda-tanda yang merujuk pada makna tertentu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif-analisis semiotika dengan model Roland Barthes yang mengacu pada gagasan dua tatanan pertandaan ( two order signification ) melalui tingkatan makna denotasi dan konotasi hingga menghadirkan mitos. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Prabowo Subianto digambarkan sebagai agen perubahan. Karakter Prabowo Subianto dalam iklan ini digambarkan hadir dengan tampilan tanda-tanda visual dan verbal yang mengandung pesan bahwa Prabowo Subianto adalah tokoh politik yang mewakili partai baru yakni Gerindra dengan karakter seorang pemimpin yang dekat dengan rakyat, mengayomi dan merangkul segala lapisan masyarakat Indonesia. Prabowo Subianto dalam iklan ini digambarkan sebagai tokoh sentral yang memiliki peran sebagai agen atau pembawa perubahan yang digagas Partai Gerindra terutama dalam bidang ekonomi yang ditujukan bagi rakyat bangsa Indonesia.