Strategi Hubungan Media Dalam Pencitraan Organisasi Studi Deskriptif pada PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) Surabaya
Main Author: | MuhammadNajihFarihanto |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/119909/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan fungsi Public Relations dalam menjalankan kegiatan hubungan media pada PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) Surabaya (Pelindo III), untuk mengetahui alasan mengapa Humas Pelindo III melakukan kegiatan hubungan media, dan untuk mengetahui bagaimana dampak kegiatan hubungan media terhadap citra organisasi pada Pelindo III. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang pengumpulan datanya diperoleh melalui wawancara mendalam ( depth interview ), metode partisipan, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Penelitian berlokasi di Kantor Pelindo III, Jalan Perak Timur no. 610 Surabaya. Dari penelitan ini dapat diketahui bahwa motivasi Humas Pelindo III melakukan aktivitas hubungan media adalah kuruangnya pencitraan lembaga, wilayah kerja yang luas, dan kemajuan teknologi untuk berhubungan dengan media. Humas Pelindo III mempunyai tahapan dalam melakukan kegiatan hubungan media, yang pertama adalah melakukan fact finding, mapping media, sebanyak mungkin mancari berita yang ada di lingkungan Pelindo III, diakhiri dengan media analisys. Macam strategi hubungan media yang dilakukan Humas Pelindo III adalah siaran pers, konfrensi pers, press gathering , pertemuan informal, media internal, dan Forwapel. Hasil akhir dari kegiatan hubungan media adalah tercapainya tujuan Pelindo III, nilai berita tersampaikan kepada masyarakat tanpa ada bias karena dengan diberikannya fasilitas kepada wartawan dapat menciptakan loyalitas terhadap Pelindo III dan hasil akhir adalah terciptanya citra positif dari Pelindo III.