Analisis Strategi Promosi PT. Semen Gresik dalam upaya membangun Brand Loyalty Studi pada Pemasaran Semen Gresik di Wilayah Malang
Main Author: | MIrfanArief |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/119899/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini menganalisis mengenai kegiatan strategi promosi yang dilakukan oleh PT. Semen Gresik. Strategi tersebut meliputi bauran promosi yang ditujukan kepada distributor, toko pengecer, dan konsumen akhir ( end user ). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendalami mengenai strategi promosi yang dilakukan oleh PT. Semen Gresik dalam upaya membangun brand loyalty . Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif sehingga peneliti mendeskripsikan sedalam-dalamnya mengenai strategi promosi yang telah digunakan oleh PT. Semen Gresik. Peneliti juga menganalisis mengenai strategi promosi yang mampu membangun kesetiaan pada merek PT. Semen Gresik. Peneliti menggunakan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah Model Miles dan Huberman Hasil dari penelitian ini yaitu PT. Semen Gresik menggunakan strategi promosi yang berbasis Integrated Marketing Communication (IMC). Penerapan strategi tersebut terbagi dalam empat tahapan. Bauran promosi yang digunakan oleh PT. Semen Gresik adalah periklanan yang meliputi media cetak maupun media elektronik, promosi penjualan, event, dan sponsorship , dan hubungan masyarakat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dalam membangun loyalitas terhadap merek, PT. Semen Gresik melakukan kegiatan yang bertujuan untuk memberi kesadaran terhadap produk PT. Semen Gresik. Kegiatan tersebut dilakukan secara menyeluruh terhadap dua target audience yaitu B2B (b ussines to bussiness ) dan B2C (b ussiness to consumer ).