Pengaruh Terpaan Iklan “Kapal Api” Kopi Susu terhadap Keputusan Pembelian Produk (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Angkatan 2007-2009 Universitas Brawijaya)
Main Author: | MuchammadKholisKurniawan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/119887/1/051001722.pdf http://repository.ub.ac.id/119887/ |
Daftar Isi:
- Terpaan iklan merupakan suatu proses dimana terjadi respon kognitif atau pemikiran ketika mereka membaca, melihat atau mendengar komunikasi tersebut. Variabel dari terpaan iklan adalah frekuensi, durasi, dan perhatian. Iklan merupakan salah satu cara yang digunakan perusahaan untuk melakukan komunikasi kepada publiknya. Melalui iklan perusahaan dapat mengkomunikasikan, memberi informasi, serta mempromosikan barang/jasa yang mereka tawarkan kepada masyarakat. Diharapkan dengan adanya iklan akan tercipta perasaan tertentu dan sikap terhadap merk yang kemudian akan menggerakkan konsumen untuk membeli produk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh terpaan iklan "Kapal Api" Kopi Susu terhadap keputusan pembelian produk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan bersifat eksplanatif. Pengumpulan data dengan menggunakan metode survey terhadap 297 responden mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik angkatan 2007-2009 Universitas Brawijaya dengan menggunakan accidental sampling. . Berdasarkan hasil análisis regresi sederhana pengaruh terpaan iklan terhadap keputusan pembelian produk diperoleh persamaan regresi Y = 22,84 + 0,84 X dari F hitung = 58,816 dengan menggunakan Sig F = 0,000 dan koefisien determinasi sebesar = 0,161. Karena F hitung lebih besar dari F tabel = 3,89 dan sig.F < 0,1 maka dapat diambil keputusan tolak H 0 . Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan secara bersama-sama variabel terpaan iklan Kapal Api Kopi Susu (X) yang terdiri dari tiga indikator antara lain frekuensi, durasi, dan perhatian mempengaruhi keputusan pembelian produk (Y).