Hubungan Pengetahuan Konsumen Tentang Green Product Dengan Keputusan Pembelian Produk Studi Korelasi Pada Pengguna Lampu Hemat Energi (LHE) Philips di Perumahan Bumi Purwantoro Agung Malang

Main Author: FebrianNurAnnisa
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/119877/1/051003614.pdf
http://repository.ub.ac.id/119877/
Daftar Isi:
  • Ketika isu pemanasan global menjadi isu yang hangat dibicarakan akhir-akhir ini, konsep green marketing tumbuh seiring dengan tuntutan masyarakat yang makin sadar akan perlindungan terhadap lingkungan hidup. Green marketing dapat diartikan sebagai pemasaran hijau atau pemasaran ramah lingkungan. Pemasaran yang memiliki fungsi mengubah perilaku dan gaya hidup konsumen, menjadi alat yang tepat untuk menyadarkan masyarakat untuk lebih peduli pada lingkungan. Informasi tentang kepedulian lingkungan, himbauan pada masyarakat untuk bersikap ramah lingkungan dan hemat energi serta ketersediaan produk ramah lingkungan yang disampaikan melalui berbagai media yang digunakan untuk kegiatan komunikasi pemasaran ( marketing communication ) khususnya media massa, merupakan sumber pengetahuan tentang produk bagi konsumen. Pengetahuan tentang produk membantu konsumen dalam mengenali dan memilih produk. Dalam penelitian ini peneliti mengetahui apakah pengetahuan produk yang dimiliki oleh konsumen tentang green product (produk ramah lingkungan) berhubungan dengan keputusan pembelian produk, serta jenis pengetahuan produk mana yang memiliki hubungan paling besar terhadap keputusan pembelian produk lampu hemat energi (LHE) Philips. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Berdasarkan uji regresi linear sederhana, pengetahuan produk konsumen memiliki hubungan sebesar 0,575 dengan keputusan pembelian, dengan kontribusi pengetahuan produk konsumen sebesar 33 % terhadap keputusan pembelian. Dari hasil uji regresi linear sederhana yang dilakukan pada masing-masing jenis pengetahuan produk, maka ditemukan bahwa jenis pengetahuan produk sebagai seperangkat ciri adalah pengetahuan yang memiliki hubungan paling tinggi dengan keputusan pembelian dibandingkan dengan pengetahuan produk sebagai seperangkat manfaat dan pengetahuan produk sebagai pemuas nilai.