Daftar Isi:
  • Integrated Marketing Communication (IMC) adalah istilah yang digunakan pada pendekatan pemasaran secara keseluruhan, yang bertujuan untuk memastikan konsistensi dari pesan dan penggunaan media pelengkap. komunikasi pemasaran terintegrasi ( Integrated Marketing Communications ) merupakan pengembangan dari istilah promosi. Komunikasi pemasaran lebih menekankan interaksi dua arah. Istilah ‘terintegrasi’ menunjukkan keselarasan atau keterpaduan dalam hal tujuan, fokus, dan arah strategik antar elemen bauran promosi (periklanan, promosi penjualan, personal selling, public relations, direct marketing, dan online marketing ). Penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan IMC pada unit usaha Kwartir Nasional Gerakan Pramuka yaitu PT. Madu Pramuka. Fokusnya adalah mengetahui bagaimana penerapan komunikasi pemasaran terpadu PT Madu Pramuka. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan paradigma interpretatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam ( in-depth interview ) dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah domain dan taksonomi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT Madu Pramuka merupakan unit usaha yang telah menerapkan IMC dengan cukup baik dan satu-satunya unit usaha Kwarnas yang sudah menjadi perseroan terbatas (PT). Pemasaran dilakukan secara terintegrasi antara beberapa elemen promosi seperti periklanan, promosi penjualan, public relations, personal selling, serta direct and online marketing.