Penggunaan Situs Jejaring sosial Facebook sebagai Salah Satu Alternatif Media Pemasaran Online (Studi Pemasaran Online Shop di Situs Jejaring Sosial Facebook)

Main Author: AtikaDillaPutriA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/119860/1/051000263.pdf
http://repository.ub.ac.id/119860/
Daftar Isi:
  • Trend sosial yang bergerak sangat cepat adalah satu alasan bagi banyak perusahaan menggunakan pola network marketing . Terlebih lagi, sarana Internet dan satelit mendukung komunikasi global dan memungkinkan penyebaran informasi berjalan sangat cepat dan menyeluruh. Penggunaan Internet sebagai sarana pemasaran saat ini merambah situs-situs jejaring sosial yang sebelumnya hanya digunakan sebagai ajang mencari teman ( hang out ). Facebook adalah salah satu situs jejaring sosial terpopuler yang saat ini juga dimanfaatkan sebagai media bisnis dan promosi. Seiring berjalannya waktu, pemasaran dalam Facebook pun semakin digemari dan disorot karena kemampuannya untuk menarik konsumen. Penelitian ini menggunakan metodologi riset kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi transedental. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjabarkan pemasaran dalam Facebook dari sisi penjual. Penelitian ini melaui tujuh tahapan teknik analisi data fenomenologi dan didalamnya, peneliti membagi empat tema yang bertujuan akhir untuk menjawah masalah yang telah dirumuskan sebelumnya yaitu Pemilihan Situs Facebook, Pemasaran, Membangun Relasi, serta Efektivitas Facebook dan Bisnis Online . Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber untuk memeriksa uji keabsahan data. Dari hasil penelitian yang dilakukan kepada informan yang merupakan marketer online shop di Facebook, dan memilah hasil wawancara berdasarkan tema yang telah ditentukan, ditemukan bahwa para marketer menggunakan direct marketing atau pemasaran langsung dan word of mouth sebagai strategi pemasarannya. Pemasaran online melalui Facebook lebih menekankan kepada dua dari 4P bauran pemasaran yaitu Produk ( Product ) dan Promosi ( Promotion ). Marketer online shop menyatakan pula bahwa kualitas pelayanan yang baik seperti penanganan keluhan atau pelayanan pemesanan yang cepat dan baik adalah salah satu cara membangun dan meningkatkan hubungan baik antar penjual-pembeli. Efektivitas penggunaan Facebook sebagai media promosi dapat dilihat dari kekurangan dan kelebihan media tersebut, meski tidak dapat mewakili secara keseluruhan, namun dapat dijadikan tolak ukur popularitas Facebook sebagai media promosi.