Pengaruh Persepsi Downline Tentang Kualitas Jasa Upline Pada Multi Level Marketing Tianshi Terhadap Loyalitas Downline di Malang Studi pada jaringan Akhmad Fidzan
Daftar Isi:
- Dimensi kualitas pelayanan yang baik akan memberikan suatu dorongan kepada pelanggan untuk menjalin suatu ikatan yang kuat dengan perusahaan. Sebaliknya pelayanan buruk berarti reputasi perusahaan akan turun, sehingga pimpinan perusahaan harus mengetahui variabel apa yang paling berpengaruh pada dimensi kualitas pelayanan di suatu perusahaan Multi Level Marketing guna mengangkat reputasi suatu perusahaan. Kepuasaan yang telah di terima downline berpengaruh pada loyalitas, yang hal ini sesuai dengan pernyataan Lam et.al (2002:31) yang membuktikan bahwa kualitas jasa berpengaruh pada kepuasan dan kepuasan berdampak pada loyalitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh persepsi downline tentang dimensi kualitas pelayanan jasa upline terhadap loyalitas downline baik secara simultan maupun parsial serta untuk mengetahui dan menganalisis variabel dimensi kualitas pelayanan yang berpengaruh dominan terhadap loyalitas downline . Penelitian ini dilakukan di sub Stokis Tianshi Uno Business Center di Malang Jl Griya Santa Malang dengan menggunakan sampel populasi sebanyak 60 responden. Jenis penelitian yang dilakukan adalah explanatory research dengan metode survei. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling . Sumber data menggunakan data primer yaitu hasil kuisioner dan data sekunder yaitu literatur dan data dari internet. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda.Hasil analisis regresi linier berganda adalah dimensi kualitas jasa (X) yang terdiri dari bukti fisik (X 1 ), keandalan (X 2 ), daya tanggap (X 3 ), jaminan (X 4 ) dan empati (X 5 ) berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas downline (Y). sedangkan yang berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas downline (Y) hanyalah variabel empati (X 5 ), sedangkan empat variabel lainnya berpengaruh tetapi tidak signifikan. Selain itu dapat diketahui pula bahwa variabel empati (X 5 ) secara signifikan berpengaruh dominan terhadap loyalitas downline (Y).