Signifikansi Antara Karakteristik Khalayak Aktif Terhadap Motif Membaca Berita Selebritis Di Tabloid Nyata Pada Ibu Rumah Tangga Yang Bekerja Di Kota Malang

Main Author: ErigaWahyuwiranti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/119845/1/050901771.pdf
http://repository.ub.ac.id/119845/
Daftar Isi:
  • Dengan perkembangan jaman, peran media cetak sangat besar dalam mempengaruhi sikap khalayak. Khalayak pembaca telah memiliki sikap kritis untuk membaca dan memahami berbagai peristiwa yang disajikan oleh media massa. Setiap orang dalam menggunakan media massa dipengaruhi oleh kemampuan selektivitasnya dan dorongan-dorongan yang disesuaikan dengan kebutuhan dirinya sendiri. Perempuan merupakan salah satu khalayak yang potensial bagi media massa. Perempuan sebagai pembaca merupakan audiens aktif yang memiliki karakteristik tertentu (Selectivity, Utilitarianism, Intensionality, Involvement, Impervious to Influence) yang dianggap sebagai stimulus yang mempengaruhi motif membaca berita selebritis, dimana motif tersebut antara lain motif mendapatkan informasi, motif mendapatkan identitas pribadi, motif integrasi dan motif mendapatkan hiburan pada ibu rumah tangga yang bekerja di kota Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian penjelasan (eksplanatif), yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis, sehingga akhirnya dapat diketahui bagaimana pengaruh variabel karakteristik khalayak aktif yang dijadikan indikatornya adalah Selectivity, Utilitarianism, Intensionality, Involvement, dan Impervious to Influence. Sedangkan variabel terikatnya adalah motif membaca berita selebritis di tabloid Nyata. Sampel penelitian ini sebanyak 100 responden yang terdiri dari adalah Ibu rumah tangga yang bekerja pelanggan Tabloid Nyata yang telah membaca dan berdomisili di Malang. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling, sedangkan pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan regresi linear sederhana Dari hasil penelitian, semua data ternyata valid dan reliabel sehingga dapat dianalisis lebih lanjut dengan teknik analisis regresi linear sederhana dengan hasil persamaan : Y= 0,579 + 0,201 X. dengan nilai F hitung sebesar 62,602 (dengan nilai signifikansi sebesar 0,000) serta nilai Adjusted R Square sebesar 0,390, maka dalam peneltian ini H 0 ditolak, yang berarti Karakteristik khalayak aktif berpengaruh signifikan terhadap motif membaca rubrik selebritis di tabloid Nyata pada ibu rumah tangga yang bekerja di kota Malang dengan tingkat signifikansi sebesar 95%. Selanjutnya, semua variabel bebas yang terdiri dari Selectivity, Utilitarianism, Intensionality, Involvement, dan Impervious to Influence berpengaruh signifikan terhadap motif membaca berita selebritis di tabloid Nyata