Pengaruh Penerapan Point of Purchase terhadap Keputusan Pembelian pada Konsumen Ritel (Studi pada Konsumen Hypermart di Malang Town Square)

Main Author: OlivyaRizkyRosandy
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/119833/1/050903452.pdf
http://repository.ub.ac.id/119833/
Daftar Isi:
  • Konsumen kebanyakan mengambil keputusan pembelian saat berada di dalam toko ketika mereka masuk ke dalam sebuah toko. Hal itu perlu disadari oleh perusahaan ritel dan berusaha meningkatkan efektivitas komunikasi ritel di dalam toko dengan penggunaan point of purchase (P-O-P) yang menggabungkan display , signage , dan in store media sehingga dapat menimbulkan keputusan pembelian di dalam toko yang tidak terencana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan point of purchase yang terdiri dari display , signage , dan in store media baik secara simultan maupun parsial di Hypermart Malang Town Square terhadap keputusan pembelian konsumen dan variabel mana yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif untuk menguji adanya hubungan antara penerapan point of purchase dengan keputusan pembelian konsumen. Data yang dikumpulkan adalah data primer melalui kuesioner yang disebarkan kepada konsumen Hypermart sebanyak 120 responden yang menggunakan metode accidental sampling dan purposive sampling . Selain itu juga menggunakan data hasil wawancara dengan pihak Hypermart. Sedangkan data sekunder adalah artikel yang relevan dengan topik penelitian dan penelitian perdahulu. Berdasarkan hasil analisa dengan menggunakan analisa regresi berganda yang mempunyai nilai 0,281 untuk Y 1 dan 0,225 untuk Y 2 , diketahui bahwa penerapan point of purchase oleh Hypermart Malang Town Square mempengaruhi keputusan pembelian konsumen untuk produk low involvement dan high involvement , baik secara parsial maupun bersama-sama, dan ternyata mempunyai hubungan yang positif dan signifikan. Namun secara simultan point of purchase lebih berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk low involvement . Variabel in store media tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian untuk produk low involvement . Hal ini disebabkan karena konsumen tidak menghiraukan adanya variabel in store media dalam memutuskan untuk membeli prod