Persepsi Masyarakat terhadap Peran Program Community Development PT. IPMOMI Paiton sebagai Implementasi Community Relations dalam Membina Hubungan Dengan Komunitas (Studi Fenomenologi Program Communit
Main Author: | ArbuatinNurrizqiAmelia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/119829/1/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://repository.ub.ac.id/119829/2/skripsi_arbuatin_nurrizqi_amelia_0510020005.pdf http://repository.ub.ac.id/119829/3/lembar_tambahan.pdf http://repository.ub.ac.id/119829/ |
Daftar Isi:
- Hubungan organisasi (bisnis) dan masyarakat tak bisa dipandang dalam konteks relasi ekonomis saja, melainkan juga dalam bentuk relasi sosial. Saat ini masyarakat tak hanya menuntut organisasi bisnis untuk menyediakan barang dan jasa yang diperlukannya melainkan juga menuntut organisasi bisnis untuk bertanggung jawab secara sosial. Tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility ) ini bisa diwujudkan dalam bentuk program community development yang ber g una meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat, baik bagi perseroan sendiri, komunitas setempat, maupun pada masyarakat pada umumnya. Community development selain sebagai salah satu bentuk Corporate Social Responsibility juga merupakan bentuk lain dari kegiatan community relations yang dilakukan organisasi bisnis. Community relations pada dasarnya adalah kegiatan Public Relations yang bertujuan untuk menjalin hubungan baik dengan komunitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menjadi pertimbangan PT. IPMOMI Paiton dalam menyusun program community development sebagai salah satu penerapan corporate social responsibility dan perannya sebagai community relations . Serta untuk mengetahui persepsi dan kontribusi masyarakat terhadap implementasi program community development sehingga dapat diketahui bagaiamana hubungan komunitas dengan PT. IPMOMI Paiton. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, menggunakan pendekatan fenomenologi yang mempelajari bagaimana kehidupan sosial ini berlangsung dan melihat tingkah laku manusia yang meliputi apa yang dikatakan dan diperbuat sebagai hasil dari bagaimana manusia mendefinisikan dunianya. Narasumber penelitian ini berjumlah 6 orang, berasal dari masyarakat dan juga dari internal perusahaan yang terlibat langsung dengan program community developmen t PT. IPMOMI Paiton. Sumber data diperoleh melalui wawancara langsung kepada responden secara mendalam dan terbuka, observasi di lapangan data serta terdiri dari kutipan langsung dari orang-orang tentang pengalaman, pendapat perasaan dan pengetahuannya. Hasil penelitian kami menunjukan bahwa terdapat beberapa macam