Strategi Pendekatan Perusahaan Terhadap Masyarakat Sekitar (Studi tentang Tanggung Jawab Sosial Perusahaan di Pabrik Gula Kebon Agung, Kecamatan Pakisaji-Kabupaten Malang)

Main Author: NoviDianRPurry
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/119828/1/050903447.pdf
http://repository.ub.ac.id/119828/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas tentang tanggung jawab sosial perusahaan terhadap masyarakat sekitar yang merupakan outside stakeholder perusahaan. Untuk mewujudkan keberhasilan suatu perusahaan diperlukan adanya hubungan yang harmonis antara perusahaan dengan stakeholders , baik internal maupun eksternal. Kepekaan yang tinggi dan interaksi yang baik dengan komunitas lokal merupakan aspek pokok yang harus diperhatikan oleh perusahaan. Oleh karena itu sangat penting adanya suatu pendekatan perusahaan yang dilakukan guna memelihara hubungan yang baik sehingga akan menghasilkan respon yang baik dari masyarakat sekitar. Penelitian ini menggunakan teori Corporate Social Responsibility yang dikemukakan oleh Friedman (Baron, 2005). Konsepsi Friedman tentang tanggung jawab sosial perusahaan bertentangan dengan hasil dalam penelitian ini dimana Friedman lebih fokus terhadap maksimalisasi laba sebagai tujuan utama perusahaan. Penelitian ini sejalan dengan apa yang ditulis Post, dkk . (2002) dengan ketiga jenis tanggung jawab perusahaan yaitu tanggung jawab ekonomi, tanggung jawab hukum, dan tanggung jawab sosial yang ketiganya dijalankan secara seimbang. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus, peneliti berusaha menggali informasi tentang strategi pendekatan yang dilakukan oleh Pabrik Gula Kebon Agung sehingga kemudian terciptalah suatu interaksi yang baik melalui tanggung jawab sosial yang diberikan kepada masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas rutin yang dilakukan perusahaan sebagai bentuk pendekatan terhadap masyarakat menghasilkan respon positif dari masyarakat. Pendekatan tersebut merupakan bentuk tanggung jawab sosialnya kepada masyarakat sebagai hubungan timbal balik sehingga diharapkan hubungan yang harmonis antar perusahaan dan masyarakat akan terjalin. Dapat disimpulkan bahwa strategi pendekatan Pabrik Gula Kebon Agung sejalan dengan konsep Corporate Social Responsibility yang menggunakan model pendekatan lingkungan sosial yang juga mementingkan keseimbangan antara tanggung jawab ekonomi, tanggung jawab terhadap hukum, dan tanggung jawab sosialnya.