Pengaruh Kemasan Pouch Teh Botol Sosro terhadap Brand Loyalty Konsumen (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Angkatan 2006-2008 Universitas Brawijaya)

Main Author: PramitaKurniasari
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/119827/1/cover.pdf
http://repository.ub.ac.id/119827/1/awal.pdf
http://repository.ub.ac.id/119827/2/skripsi19102009.pdf
http://repository.ub.ac.id/119827/
Daftar Isi:
  • Hal pertama yang dilihat konsumen akan keberadaan suatu produk adalah kemasannya, mereka akan tertarik dengan tampilan luar produk dengan visualisasi yang indah. Kemasan tersebut pada akhirnya diharapkan dapat menjual dirinya sendiri. Dalam marketing , kemasan sudah menjadi alat komunikasi pemasaran yang berfungsi sebagai " silent salesman " di rak-rak toko dan rumah konsumen, bahkan untuk membangun awareness dan loyalitas konsumen terhadap produk. Pentingnya kemasan mengharuskan perusahaan mengeluarkan inovasi-inovasi produk untuk mengatasi kebosanan pelanggan akan tampilan produk yang itu-itu saja dan juga untuk menjaga keloyalan pelanggan itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan ( explanation ). Rancangan penelitian seperti ini dapat menjelaskan ( explanatory research) atau menyoroti hubungan antara variabel penelitian dan menguji hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya. Hipotesis dalam penelitian ini adalah diduga adanya pengaruh antara variabel kemasan terhadap variabel brand loyalty . Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik angkatan 2006-2008 Universitas Brawijaya. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel dengan menggunakan tabel Isaac dan Michael , untuk populasi sebanyak 1400, jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 279 sampel, dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data yang diperoleh menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, korelasi sederhana dan regresi linier sederhana. Dari hasil penelitian, semua data ternyata valid dan reliabel sehingga dapat dianalisis lebih lanjut dengan teknik analisis regresi linier sederhana dengan persamaan Y = 1,01 + 0,69 X. berdasarkan hasil análisis regresi sederhana pengaruh kemasan terhadap brand loyalty konsumen diperoleh dari F hitung = 149,342 dengan menggunakan Sig F = 0,000 dan koefisien determinasi sebesar = 0,621. Karena Fhitung lebih besar dari Ftabel = 2,760 dan sig.F < 0,1 maka dapat diambil keputusan tolak H0. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan secara bersama-sama variabel kemasan pouch teh botol Sosro (X) yang terdiri dari dua indikator antara lain daya tarik visual dan daya tarik praktis, mempengaruhi brand loyalty konsumen (Y).