The Strategy Used In Teaching Speaking at SMA Negeri 1 Kertosono
Main Author: | Medianti, Asa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/1198/1/BAGIAN%20DEPAN.pdf http://repository.ub.ac.id/1198/2/BAB%20I.pdf http://repository.ub.ac.id/1198/3/BAB%20II.pdf http://repository.ub.ac.id/1198/4/BAB%20III.pdf http://repository.ub.ac.id/1198/5/BAB%20IV.pdf http://repository.ub.ac.id/1198/6/BAB%20V.pdf http://repository.ub.ac.id/1198/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.ub.ac.id/1198/ |
ctrlnum |
1198 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/1198/</relation><title>The Strategy Used In Teaching Speaking at SMA Negeri
1 Kertosono</title><creator>Medianti, Asa</creator><subject>420.71 English learning</subject><description>Dalam proses belajar-mengajar, terkadang guru menghadapi berbagai
masalah.Masalah tersebut terjadi ketika guru mengajarkan kompetensi berbahasa
kepada siswa, salah satunya adalah saat guru mengajarkan kompetensi berbicara.
Untuk mengatasi masalah tersebut, guru menggunakan strategi pengajaran yang
spesifik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan strategi
pengajaran oleh guru ketika guru mengajar berbicara dan masalah yang dihadapi
oleh guru ketika menggaplikasikan strategi pengajaran.
Penelitian ini menggunakan desain kualitatif Desain tersebut digunakan
untuk menggali lebih dalam tentang strategi mengajar kompetensi berbicara yang
digunakan oleh guru. Penelitian ini menggunakan beberapa instrumen diantaranya:
instrumen yang pertama adalah wawancara menggunakan bahasa Indonesia ada
10 pertanyaan yang berhubungan dengan strategi pengajaran, pengajaran
berbicaradan beberapa pengalaman dari guru tersebut. Instrumen yang kedua
adalah cek observasi, pada instrumen ini peneliti duduk di kelas dan memberikan
tanda centang pada strategi pengajaran sesuai dengan Freeman (2000). Instrumen
yang ketiga adalah rekaman video, peneliti merekam video ketika peneliti duduk
di kelas. .
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan strategi-strategi
yang dikemukakan oleh Freeman (2000), diantaranya: Role Play, Getting Students
to Self-Correction, Language Game and Discussion. Sedangkan permasalahan
yang dihadapi guru terkait penerapan strategi mengajar tersebut adalah
keterbatasan waktu. Temuan lain yang dapat disimpulkan ialah guru pada
dasarnya menerapkan strategi mengajar dicetuskan oleh Freeman (2000) dan
masalah yang terjadi didukung oleh Greene and Preety (1967). Saran dari
penelitian ini yang pertama adalah untuk guru Bahasa inggris yang lain memilih
strategi pengajaran yang sesuai setelah mengetahui beberapa masalah yang telah
dihadapi dari proses belajar mengajar di dalam kelas. Yang kedua adalah untuk
peneliti selanjutnya untuk membahas lebih dalam dan menemukan beberapa
sumber tentang strategi pengajaran khususnya untuk berbicara, untuk mendukung
peningkatan pendidikan di Indonesia.</description><date>2017-06-21</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/1198/1/BAGIAN%20DEPAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/1198/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/1198/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/1198/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/1198/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/1198/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/1198/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Medianti, Asa (2017) The Strategy Used In Teaching Speaking at SMA Negeri 1 Kertosono. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FBS/2017/440/051706032</relation><recordID>1198</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Medianti, Asa |
title |
The Strategy Used In Teaching Speaking at SMA Negeri
1 Kertosono |
publishDate |
2017 |
topic |
420.71 English learning |
url |
http://repository.ub.ac.id/1198/1/BAGIAN%20DEPAN.pdf http://repository.ub.ac.id/1198/2/BAB%20I.pdf http://repository.ub.ac.id/1198/3/BAB%20II.pdf http://repository.ub.ac.id/1198/4/BAB%20III.pdf http://repository.ub.ac.id/1198/5/BAB%20IV.pdf http://repository.ub.ac.id/1198/6/BAB%20V.pdf http://repository.ub.ac.id/1198/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.ub.ac.id/1198/ |
contents |
Dalam proses belajar-mengajar, terkadang guru menghadapi berbagai
masalah.Masalah tersebut terjadi ketika guru mengajarkan kompetensi berbahasa
kepada siswa, salah satunya adalah saat guru mengajarkan kompetensi berbicara.
Untuk mengatasi masalah tersebut, guru menggunakan strategi pengajaran yang
spesifik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan strategi
pengajaran oleh guru ketika guru mengajar berbicara dan masalah yang dihadapi
oleh guru ketika menggaplikasikan strategi pengajaran.
Penelitian ini menggunakan desain kualitatif Desain tersebut digunakan
untuk menggali lebih dalam tentang strategi mengajar kompetensi berbicara yang
digunakan oleh guru. Penelitian ini menggunakan beberapa instrumen diantaranya:
instrumen yang pertama adalah wawancara menggunakan bahasa Indonesia ada
10 pertanyaan yang berhubungan dengan strategi pengajaran, pengajaran
berbicaradan beberapa pengalaman dari guru tersebut. Instrumen yang kedua
adalah cek observasi, pada instrumen ini peneliti duduk di kelas dan memberikan
tanda centang pada strategi pengajaran sesuai dengan Freeman (2000). Instrumen
yang ketiga adalah rekaman video, peneliti merekam video ketika peneliti duduk
di kelas. .
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan strategi-strategi
yang dikemukakan oleh Freeman (2000), diantaranya: Role Play, Getting Students
to Self-Correction, Language Game and Discussion. Sedangkan permasalahan
yang dihadapi guru terkait penerapan strategi mengajar tersebut adalah
keterbatasan waktu. Temuan lain yang dapat disimpulkan ialah guru pada
dasarnya menerapkan strategi mengajar dicetuskan oleh Freeman (2000) dan
masalah yang terjadi didukung oleh Greene and Preety (1967). Saran dari
penelitian ini yang pertama adalah untuk guru Bahasa inggris yang lain memilih
strategi pengajaran yang sesuai setelah mengetahui beberapa masalah yang telah
dihadapi dari proses belajar mengajar di dalam kelas. Yang kedua adalah untuk
peneliti selanjutnya untuk membahas lebih dalam dan menemukan beberapa
sumber tentang strategi pengajaran khususnya untuk berbicara, untuk mendukung
peningkatan pendidikan di Indonesia. |
id |
IOS4666.1198 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2018-01-19T18:30:25Z |
last_indexed |
2021-10-18T02:07:16Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1730142660342054912 |
score |
17.538404 |