Strategi penataan program acara Radio Hard Rock FM Surabaya
Main Author: | AnisaLintangAyu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/119798/1/LAMPIRAN.pdf http://repository.ub.ac.id/119798/1/BAB_AWAL.pdf http://repository.ub.ac.id/119798/2/SKRIPSI.pdf http://repository.ub.ac.id/119798/ |
Daftar Isi:
- Salah satu bentuk teknologi komunikasi media massa yang berkembang mulai abad 19 adalah radio. Jumlah radio di Indonesia semakin hari semakin berkembang karena kelebihannya dalam kecepatan menyampaikan pesan berupa informasi dan hiburan ke pendengar sesaat setelah diudarakan. Format penyajian program radio merupakan salah satu cara untuk mampu bersaing di industri media radio termasuk pada radio Hard Rock FM Surabaya. Penelitian ini akan membahas mengenai strategi penataan program acara pada Hard Rock FM Surabaya, dimana program merupakan produk dari stasiun radio yang diperuntukkan untuk target segmen tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meggambarkan bagaimana penataan program acara Hard Rock FM Surabaya yang dilakukan oleh individu-individu dalam divisi program berdasarkan perannya. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan metode fenomonologi yang menekankan tentang pemahaman terhadap pengalaman subyektif atas peristiwa dan kaitan-kaitannya yang melingkupi subyek. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, terdapat tematema yang dikategorikan berdasarkan hasil wawancara dengan enam orang informan, yaitu peranan individu divisi program, target segmen program radio, program siaran radio, penataan penyiar, penataan materi dan penataan musik. Keenam informan melakukan tugasnya sesuai dengan perannya masing-masing yang tentu dilakukan dengan komunikasi dan kerjasama. Pengetahuan akan target segmen membuat pelaksanaan penataan program bisa berjalan sesuai dengan tujuan yang akhirnya dituangkan dengan menata program yang menarik pendengar. Penyiar, materi dan musik adalah elemen yang tidak bisa terpisahkan karena merupakan isi dari sebuah program yang mewakili citra dari sebuah radio. Radio ada karena target segmen atau pendengar, maka radio harus bisa melayani kebutuhan dari pendengar karena karakteristiknya yang personal. Berdasarkan dari hasil penelitian tersebut, penataan program acara dilakukan oleh program director, produser, penyiar, music director operator produksi dan operator siaran. Mereka mengatur materi dan musik yang sesuai dengan tujuan dan kebutuhan pendengar dengan tetap mewakili citra Hard Rock FM.