Strategi Public Relations dalam Menghadapi Krisis Studi Kasus pada Klub Bunga Butik Resort dalam Menghadapi Ancaman Krisis yang Muncul Sebagai Dampak Tidak Langsung dari Peristiwa Meluapnya Lumpur L
Main Author: | FrancelinaMaytaKusumaningrum, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2008
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/119778/1/050803502.pdf http://repository.ub.ac.id/119778/ |
Daftar Isi:
- Peristiwa meluapnya lumpur Lapindo di Porong, Sidoarjo yang terjadi sejak 29 Mei 2006 menimbulkan dampak pada berbagai aspek. Salah satu dampaknya adalah kerusakan infrakstruktur jalan yang menghubungkan Surabaya dengan berbagai daerah di selatan Jawa Timur. Penutupan akses jalan tol Gempol dan ketidaklancaran perjalanan melalui Jalan Raya Porong karena tidak seimbangnya lebar jalan dengan volume kendaraan yang melaluinya ini, membawa pengaruh terhadap industri pariwisata di Jawa Timur. Peristiwa meluapnya lumpur Lapindo yang hingga saat ini belum dapat diatasi menimbulkan situasi krisis bagi berbagai pihak yang turut merasakan dampaknya. Dalam menghadapi situsi krisis yang sifatnya “tidak terduga” ini perlu adanya strategi public relations yang secara khusus dirancang untuk mencegah terjadinya ledakan krisis. Penelitian ini bertipe dekriptif-kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus pada Klub Bunga Butik Resort. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara mendalam strategi public relations Klub Bunga Butik Resort dalam menghadapi situasi krisis yang muncul sebagai dampak tidak langsung dari peristiwa meluapnya lumpur Lapindo ini. Dalam pembahasannya digunakan konsep manajemen krisis menurut Steven Fink dan konsep manajemen strategis public. Dari wawancara, obeservasi dan pengumpulan data sekunder berupa dokumentasi, diketahui bahwa situasi krisis yang dihadapi oleh Klub Bunga Butik Resort berada pada tahap awal krisis dimana indikasi krisis tersebut tidak hanya tampak dari penurunan tingkat hunian, melainkan juga adanya penurunan segmentasi pengunjung. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa public relations Klub Bunga Butik Resort menjalankan fungsinya sebagai MPR yang mendukung kinerja marketing dalam menarik pasar. Adapun caranya adalah dengan memperluas pasar, menyusun event, melakukan sosialisasi jalur alternatif, dan berbagai cara lain yang bertujuan untuk meningkatkan citra positif perusahaan.