Pengaruh Ekuitas Merek terhadap Keputusan Pembelian Studi Eksplanatif tentang Pengaruh Ekuitas Merek terhadap Keputusan Pembelian Es Krim Wall’s Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Braw
Main Author: | BerlianPrimadaniSatriaPutri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2008
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/119774/1/050803498.pdf http://repository.ub.ac.id/119774/ |
Daftar Isi:
- Dalam situasi persaingan bisnis yang semakin kompetitif, perusahaan dituntut untuk mampu menciptakan dan mempertahankan konsumen yang salah satu strateginya adalah melalui pengembangan merek. Merek yang prestisius adalah merek yang memiliki ekuitas merek yang kuat sehingga memiliki daya tarik yang kuat pula di mata konsumen yang dapat mengarahkannya dalam melakukan keputusan pembelian. Dengan ekuitas merek yang kuat, tujuan perusahaan untuk merebut pangsa pasar akan lebih mudah dicapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh variabel-variabel ekuitas merek terhadap keputusan pembelian es krim Wall’s pada mahasiswa Strata-1 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Brawijaya Malang, serta untuk mengetahui variabel ekuitas merek mana yang pengaruhnya paling dominan. Jenis penelitian ini adalah penelitian panjelasan (eksplanatif), yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis, sehingga akhirnya dapat diketahui bagaimana pengaruh variabel ekuitas merek terhadap keputusan pembelian es krim Wall’s. Unsur-unsur ekuitas merek yang dijadikan variabel bebas adalah kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, loyalitas merek, dan aset kepemilikan merek lainnya. Sedangkan variabel terikatnya adalah keputusan pembelian es krim Wall’s. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Brawijaya dengan jumlah sampel sebanyak 91 responden yang pernah membeli dan mengkonsumsi es krim Wall’s. Teknik sampling yang digunakan adalah teknis ampel purposif, sedangkan pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, regresi linier berganda dan regresi parsial. Dari hasil penelitian, semua data ternyata valid dan reliabel sehingga dapat dianalisis lebih lanjut dengan teknik analisis regresi linier berganda dengan hasil persamaan: Y = -7,478 + 0,566 X1 + 0,223 X 2 + 0,161 X 3 + 0,389 X 4 + 0,247 X 5 + 2,426. Dengan nilai F hitung sebesar 23,792 (dengan nilai signifikansi sebesar 0,000) serta nilai Adjusted R Square sebesar 0,559, maka dalam penelitian ini H o ditolak, yang berarti ekuitas merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian es krim Wall’s pada mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Brawijaya dengan tingkat signifikansi 5%. Semua variabel bebas yang terdiri dari kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, loyalitas merek dan asset kepemilikan merek lainnya berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian es krim Wall’s, baik secara simultan maupun parsial. Untuk variabel ekuitas merek yang paling dominan pengaruhnya adalah variabel loyalitas merek ( brand loyalty ).