Language Learning Strategies Used By Science And Social Students At Sma Brawijaya Smart School Malang
Main Author: | Yustitiasari, Hilda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 1900
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/119762/1/CHAPTER_III___2003__.pdf http://repository.ub.ac.id/119762/2/CHAPTER_IV.pdf http://repository.ub.ac.id/119762/3/CHAPTER_V.pdf http://repository.ub.ac.id/119762/4/CHAPTER_II___2003__.pdf http://repository.ub.ac.id/119762/5/CHAPTER_I___2003__.pdf http://repository.ub.ac.id/119762/ |
Daftar Isi:
- Siswa di Indonesia diwajibkan belajar Bahasa Inggris. Siswa seharusnya mengetahui dan mampu mengatur strategi belajar Bahasa Inggris. Siswa di SMA, seharusnya memilih strategi yang sesuai dengan jurusan mereka. Karena jurusan yang berbeda dapat mempengaruhi pemilihan strategi. penelitian ini focus pada strategi belajar siswa jurusan IPA dan IPS di SMA Brawijaya Smart School dan hubungan jurusan dengan strategi pembelajaran bahasa. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif. Peserta penelitian ini adalah 113 siswa yang terdiri dari 71 siswa jurusan IPA dan 42 siswa jurusan IPS. Data Penelitian ini terdiri dari kuesioner latar belakang individu dan kuesioner SILL yang diadaptasi dari Oxford (1990). Hasil studi menunjukkan siswa cukup menggunakan ke-enam kategori strategi pembelajaran dalam proses belajar mereka. Hal ini dapat diukur dari keseluruhan strategi pembelajaran bahasa mereka berada pada level sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi metakognitif yang paling sering digunakan oleh siswa sedangkan strategi afektif merupakan strategi yang sangat jarang mereka gunakan. Meskipun ada perbedaan nilai rata-rata pada keseluruhan strategi pembelajaran bahasa yang digunakan oleh siswa jurusan IPA dan jurusan IPS, hasil uji-T tidak menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dalam strategi pembelajaran yang digunakan oleh siswa jurusan IPA dan jurusan IPS secara statistic. Chi-Square juga menunjukkan bahwa tidak adanya hubungan yang signifikan antara perbedaan Jurusan dengan pilihan stategi pembelajaran bahasa. Kesimpulannya, studi ini memberikan pemahaman yang lebih baik bagi pengajar atas penggunaan dan peningkatan strategi belajar pada mahasiswa. Dalam hal ini perebedaan tujuan, fungsi dan budaya tidak mempengaruhi cara mereka dalam memilih strategi belajar. Oleh karena itu, dalam memilih strategi yang efisien disarankan bagi siswa untuk mengolaborasi beberapa strategi pembelajaran bahasa berdasarkan tujuan mereka.