Penerapan Listrik Prabayar Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Dalam Perspektif Good Corporate Governance (Studi di Pt. Pln Persero Area Malang)

Main Author: Natama, CornedoRaka
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/119751/1/SKRIPSI_PRINT.pdf
http://repository.ub.ac.id/119751/
Daftar Isi:
  • Latar belakang dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan prinsip-prinsip Good Corporate Governance dalam penerapan layanan Listrik Prabayar di PLN Area Malang yang belum maksimal yang ditunjukan dengan tingkat transparansi, independensi, akuntabilitas dan transparansi sehingga menurunkan kepercayaan masyarakat. Karena kepercayaan masyarakat menurun maka PLN Area Malang harus meningkatkan kualitas pelayanannya melalui Listrik Prabayar dengan cara menunjukan seberapa baik penerapan prinsip dasar Good Corporate Governance di PLN Area Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan Good Corporate Governance dalam meningkatkan kualitas pelayanan pelanggan di PLN Area Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi.Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis Miles and Huberman. Dari hasil penelitian yang dilakukan, penulis menyimpulkan bahwa penerapan Good Corporate Governance belum dilakukan dengan maksimal karena adanya beberapa prinsip Good Corporate Governance yang belum terlaksana dengan baik karena dalam pelayanan Listrik Prabayar hanya menyangkut dua prinsip dasar Good Corporate Governance, yaitu akuntabilitas dan transparansi sehingga perlunya peningkatan dalam menjalankan prinsip-prinsip tersebut. Dari kesimpulan yang didapat, peneliti dapat memberikan tiga saran. Saran pertama yaitu Sebaiknya Manajer PLN Area Malang lebih mengutamakan pelanggan Listrik Prabayar dalam peningkatan kualitas pelayanan sehingga tercipta Transparansi yang sempurna dalam produk layanan Prabayar. Yang kedua, Sebaiknya ada pertimbangan dari setiap rayon yang ada di Kabupaten Malang untuk melakukan transparansi informasi pasang baru atau ubah daya dari seluruh rayon di Kabupaten Malang agar masyarakat dapat melihat perkembangan transparansi PLN Area Malang dari seluruh rayon, dan yang ke tiga, Sebaiknya sosialisasi terhadap peraturan dan pengetahuan tentang prabayar lebih ditingkatkan sehingga masyarakat lebih sadar dan mengetahui manfaat dan kekurangan dari produk layanan prabayar tersebut.