Pengaruh Country Of Origin terhadap Persepsi Kualitas dan Dampaknya pada Minat Pembelian (Studi pada Calon Konsumen yang Berminat Membeli Mobil Toyota Avanza di Jakarta)

Main Author: Kusumaningtyas, GhaitsaDamararum
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/119732/1/SKRIPSI%2Bfoto.pdf
http://repository.ub.ac.id/119732/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan menjelaskan pengaruh country of origin terhadap persepsi kualitas pada calon konsumen mobil Toyota Avanza, (2) mengetahui dan menjelaskan pengaruh country of origin terhadap minat beli pada calon konsumen mobil Toyota Avanza, (3) mengetahui dan menjelaskan pengaruh persepsi kualitas dan minat beli pada calon konsumen mobil Toyota Avanza. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatori (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini meliputi country of origin, persepsi kualitas, dan minat beli. Populasi dalam penelitian ini adalah calon konsumen yang berminat membeli mobil Toyota Avanza di Jakarta. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 113 orang responden yang diambil menggunakan purposive sampling dan kuesioner digunakan sebagai metode pengumpulan data. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis diskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa country of origin berpengaruh signifikan terhadap persepsi kualitas, country of origin berpengaruh signifikan secara langsung terhadap minat beli maupun secara tidak langsung dengan variabel persepsi kualitas sebagai variabel perantara terhadap minat beli, dan persepsi kualitas berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Berdasarkan hasil penelitian ini sebaiknya Toyota Avanza sebaiknya terus mempertahankan kualitas yang sudah baik dimata calon konsumen dan tetap meningkatkan kualitasnya agar tidak kalah bersaing dengan produk produk otomotif sejenis dari negara asal yang sama ataupun dari asal negara yang berbeda.