Pengaruh Experiential Marketing sebagai Suatu Strategi dalam Menciptakan Kepuasan dan Dampaknya terhadap Loyalitas (Survei pada Pelanggan Waroeng Spesial Sambal “Waroeng SS” cabang Sengkaling, Kota Ma
Main Author: | Hapsari, Aprilia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/119677/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji : (1) pengaruh Experiential Marketing yang terdiri dari variabel Sense, Feel, Think, Act dan Relate terhadapKepuasan Pelanggan;(2) pengaruh Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan;(3) pengaruh Experiential Marketing yang terdiri dari variabel Sense, Feel, Think, Act dan Relate terhadap Loyalitas Pelanggan;(4) pengaruh Experiential Marketing terhadap Kepuasan Pelanggan dan dampaknya pada Loyalitas Pelanggan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksplanatoridengan pendekatan kuantitatif. Obyek dari penelitian ini adalah semua pelanggan diWaroeng Spesial Sambal “Waroeng SS” cabang Sengkaling Kota Malang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan menggunakan rumus Machin Champbell dan mendapatkan sampel sebanyak 100 orang responden. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah dengan menyebarkan angket kepada responden yang sudah pernah melakukan pembelian produk di Waroeng Spesial Sambal “Waroeng SS” cabang Sengkaling Kota Malang minimal dua kali. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian analisis jalur menunjukkan bahwa: (1)Experiential Marketingyang terdiri dari variabel Sense, Feel, Think, Act dan Relateberpengaruh langsung dan signifikan terhadap variabel Kepuasan Pelanggan; (2) variabel Kepuasan Pelanggan berpengaruh langsung dan signifikan terhadap variabel Loyalitas Pelanggan; (3) Experiential Marketing yang terdiri dari variabel Sense, Feel dan Thinkberpengaruh langsung dan signifikan, sedangkan variabel Act dan Relate memiliki pengaruh tidak signifikan terhadap variabel Loyalitas Pelanggan; (4)Experiential Marketing yang terdiri dari variabel Sense, Feel, dan danThink berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Loyalitas Pelanggan melalui variabel Kepuasan Pelanggan sebagai variabel antara, sedangkan variabel Act dan Relatemempunyai pengaruh yang tidak signifikan terhadap variabel Loyalitas Pelangganmelalui variabel Kepuasan Pelanggan sebagai variabel antara. Dengan demikian, pihak manajemen Waroeng Spesial Sambal “Waroeng SS” cabang Sengkaling Kota Malang perlu melakukan perbaikan terkait inovasi sajian menu yang ditawarkan agar lebih memperhatikan konsistensi rasa hidangan dengan menu inovasi yang disajikan.