Penerapan Website Desa dalam Meningkatkan Pelayanan Publik (Studi Pada Kantor Desa Pulosari KecamatanBareng Kabupaten Jombang)

Main Author: Sari, IraPutri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/119655/
Daftar Isi:
  • Kecanggihan teknologi informasi, dengan bantuan internet pemerintah dapat memberikan pelayanan publik secara online, teknologi ini disebut dengan Elektronik Government (e-Government). Pemerintahan Desa merupakan bagian terkecil dari pemerintahan yang secara otonom menjadi pemberi layanan terakhir kepada masyarakat. Desa Pulosari memiliki potensi yang beragam yang kurang dikenal masyarakat secara luas karena kurangnya penyediaan informasi, selain itu sulitnya pemerintahan desa untuk mendapat data desa yang benar-benar akurat dengan cara manual. Padahal Jika data desa dapat dikelola dengan baik, maka akan menghasilkan sebuah informasi desa. Data yang dimaksud adalah data tentang kependudukan, data keluarga, data potensi desa, dan data-data lain. Oleh sebab itu kebijakan Pemerintah Desa Pulosari menerapkan Sistem Informasi Desa (SID) melaui website desa untuk mengatasi permasalahan tersebut, serta untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan transparan, efektif dan efisien, dan mempermudah aparatur desa dalam mencari data dan memberikan pelayanan kepada masyarakat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang berlokasi di Kabupaten Jombang, sedangkan situsnya berada di Kantor Desa Pulosari Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang. Sumber datanya primer diperoleh dari beberapa wawancara dari informan yang berkaitan, sedangkan data sekundernya diperoleh dari dokumen-dokumen yang berhubungan dengan topik tersebut. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan instrumen penelitiannya adalah peneliti sendiri, dan beberapa alat penunjang seperti pedoman wawancara, dan alat bantu lainnya. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan website desa dalam meningkatkan pelayanan publik di Desa Pulosari mendapat dukungan dari kepala daerah dan kepala desa Pulosari. Ditunjang dengan dukungan sumberdaya manusia, infrastruktur dan anggaran. Degan adanya website Desa Pemerintah desa Pulosari dapat meningkatkan Pelayanan publik jika pada sebelumnya dalam mencari data secara manual sehingga memerlukan waktu yang lama dalam proses membrikan pelayanan, dengan adanya website Desa dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat yang lebih terbuka, efektif dan efisien. Manfaat bagi masyarakat dengan adanya website desa yaitu dapat mempermudah masyarakat dalam mendapatkan informasi serta pelayanan yang diberikan oleh apartur desa Pulosari. Penerapan website desa dalam meningkatkan pelayanan publik membawa dampak yang positif dilihat dari kemudahan akses dan waktu pelayanan.