Inovasi pelayanan quick wins dalam meningkatkan layanan sertifikasi tanah (studi pada Badan pertanahan nasional (BPN) kantor kabupaten kediri)
Main Author: | cahya, Yosanwin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/119641/ |
Daftar Isi:
- Pentingnya kesadaran oleh masyarakat untuk melakukan sertifikasi tanah sangat penting dilakukan, karena suatu kepentingan hukum untuk melakukan suatu hak atas barang yang dimiliki bisa dipertanggung jawabkan secara legal. Pelayanan yang diberikan oleh badan pertanahan nasional (BPN) juga menjadi kunci dari kesuksesan program pemerintah yang bertujuan untuk sertifikasi seluruh tanah di indonesia. Munculnya inovasi Quick Wins yang dikeluarkan oleh kepala badan pertanahan nasional republik Indonesia nomor 37/kep-3.41/II/2014 mengenai program percepatan pelayanan. Seterusnya Bagaimana inovasi pelayanan Quick Wins pada Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kantor Kabupaten Kediri berjalan. Hasil dari penelitian yang menunjukan bahwa inovasi quick wins pada kantor pertanahan nasional kabupaten kediri ini kurang maksimal dalam pemberian pelayanan sesuai dengan keputusan kepada badan pertanahan mengenai program percepatan pelayanan atau quick wins tersebut. Kurangnya dalam pemberian pelayanan di dasari oleh faktor internal dan faktor eksternal, faktor internal meliputi SDM yang kurang memadai, kurangnya kesadaran akan teknologi, dan kurang ramah tamah dalam pemeberian pelayanan. Faktor eksternal meliputi kurangnya berkas pemohon yang mengakibatkan proses pelayananya menjadi lamban. Oleh karena itu kekurangan dalam pemberian pelayanan yang prima pada kantor pertanahan kabupaten kediri ini harus segera dibenahi, supaya Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025 sesuai Perpres Nomor 81 Tahun 2010 bisa berjalan dengan baik.