Pengaruh Intrapersonal Skill dan Interpersonal Skill Pustakawan terhadap Pelayanan Prima (Studi pada Perpustakaan Universitas Negeri Malang)
Main Author: | Hapsari, NurulFikriatiAyu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/119607/ |
Daftar Isi:
- Perpustakaan merupakan salah satu lembaga yang memberikan layanan kepada masyarakat. Layanan perpustakaan dilakukan secara prima yang berorientasi kepada kebutuhan pemustaka. Memberikan pelayanan prima menjadi tanggungjawab pustakawan yang dituntut memiliki kemampuan soft skill berupa intrapersonal skill dan interpersonal skill. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Intrapersonal Skill dan Interpersonal Skill Pustakawan terhadap Pelayanan Prima di Perpustakaan Universitas Negeri Malang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket dan wawancara. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode insidental sampling dengan jumlah sampel sebesar 344 reponden. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini dengan menggunakan regresi linear berganda. Hasil uji regresi linear berganda menunjukkan persamaan Y=6,386+0,347X1+0,671X2. Hasil uji F menunjukkan angka yaitu 238,727 dengan signifikansi kurang dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa semua variabel berpengaruh secara simultan terhadap pelayanan prima. Hasil uji t menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel intrapersonal skill dan interpersonal skill terhadap pelayanan prima. Hasil uji determinasi pada penelitian ini menunjukkan 58,3% pelayanan prima dipengaruhi oleh intrapersonal skill dan interpersonal skill, sedangkan 42,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan pada penelitian ini. Variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap pelayanan prima dalam penelitian ini adalah variabel interpersonal skill yang memiliki koefisien standar sebesar 0,544. Berdasarkan hasil penelitian maka saran yang bisa diberikan yaitu agar Pustakawan Perpustakaan Universitas Negeri Malang dapat meningkatkan keterampilan diri dengan cara lebih aktif dan tanggap dalam melayani pemustaka yang sedang mencari informasi. Sehingga akan terlihat pelayanan yang ramah dan inovatif yang diberikan oleh pustakawan.