Efektivitas Pelaksanaan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) dalam Pendataan Kependudukan di Kota Malang (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang)
Main Author: | Silalahi, GadingFajarArjuna |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/119606/1/gadingsilalahi.pdf http://repository.ub.ac.id/119606/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan dalam rangka pembenahan kualitas sistem administrasi kependudukan serta pelayanan dan sumber daya manusia Pegawai Negeri Sipil yang ada di birokrat saat ini termasuk diantaranya dalam hal pelaksanaan E-KTP. KTP Elektronik merupakan dokumen kependudukan yang memuat sistem keamanan / pengendalian baik dari sisi administrasi ataupun teknologi informasi dengan berbasis pada database kependudukan nasional. Program E-KTP diberlakukan dengan tujuan yang dilatarbelakangi oleh sistem pembuatan KTP konvensional yang masih belum bagus di Indonesia dimana memungkinkan seseorang dapat memiliki lebih dari satu KTP. Hal ini disebabkan belum adanya basis data terpadu yang menghimpun data penduduk dari seluruh Indonesia. Kartu Tanda Penduduk Elektronik pada dasarnya telah tertuang dalam Undang – Undang Republik Indonesia Pasal 13 Nomor 23 Ayat 1 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan, yang menjelaskan penduduk hanya diperbolehkan memiliki 1 (satu) KTP yang tercantum Nomor Induk Kependudukan (NIK) serta aturan tata cara dan implementasi teknis dari e-KTP yang dilengkapi dengan sidik jari dan chip. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Studi dilakukan di Disdukcapil Kota Malang. Penelitian dilakukan dengan mengaitkan antara sumber-sumber yang diantaranya ialah wawancara terhadap informan, olah dokumen, dan pengamatan lansung. Teknik analisis data menggunakan 3 tahap yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan E-KTP yang dilaksanakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang sudah berjalan sesuai peraturan yang berlaku dan telah sesuai dengan teori Efektivitas yaitu telah terdapat pencapaian tujuan, dilakukannya integrasi berupa sosialisasi dan adanya adaptasi yakni diklat bagi para pegawai untuk meningkatkan kualias pelayanannya.Terdapat Faktor yang menghambat seperti kesulitan akses dan keterlambatan pengiriman hasil rekam data namun masih dapat teratasi dengan faktor-faktor pendukung yang ada seperti kesadaran masyarakat, sarana prasarana yang memadai dan syarat pengurusan e-KTP yang mudah dan pelaksanaan E-KTP sudah mengatasi permasalahan KTP lama.