Pengaruh Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pembeli Apple iPhone pada Mahasiswa/Mahasiswi S1 Fakultas Ilmu Administrasi Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2013/2014 Unive
Main Author: | SetyantoLinggarEka |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/119605/1/SKRIPSI_PDF.pdf http://repository.ub.ac.id/119605/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian yang dilakukan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan berjumlah 85 orang responden yaitu mahasiswa/mahasiswi yang membeli iPhone dan masih menggunakan iPhone. Metode pengumpulan data adalah kuesioner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan uji F dan uji t untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama dan pengaruh secara parsial antara variabel yang diteliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara bersama-sama, Merek (X1), Kualitas (X2), Fitur (X3), dan Desain (X4) berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian yang ditunjukkan dengan signifikansi F. sebesar 0,000. Penelitian ini juga menghasilkan pengaruh secara parsial dari masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat yang dibuktikan dengan variabel Merek (X1) yang memiliki signifikansi sebesar 0,003, variabel Kualitas (X2) yang memiliki signifikansi sebesar 0,017, variabel Fitur (X3) yang memiliki signifikansi sebesar 0,031 dan variabel Desain (X4) yang memiliki signifikansi sebesar 0,016. Hasil perhitungan dengan nilai koefisien determinasi (Adjusted R Square) sebesar 0,556. Hasil tersebut menjelaskan sumbangan atau kontribusi dari variabel-variabel bebas yang disertakan dalam persamaan regresi terhadap Y adalah sebesar 55,6%, sedangkan 44,4% lainnya disumbangkan oleh variabel lainnya yang tidak dimasukkan ke dalam persamaan ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa variabel-variabel yang terdapat dalam Atribut Produk secara bersama-sama maupun secara parsial memiliki pengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Variabel Merek (X1) merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap Keputusan Pembelian.