Upaya Peningkatan Pelayanan Dengan Apikasi EProcurement Dalam Proses Pengadaan Barang/Jasa Di Kabupaten Sidoarjo (Studi Pada Kantor ULP Sidoarjo)

Main Author: Nur, Atikah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/119602/1/ATIKAH_NUR_%28125030500111039%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/119602/
Daftar Isi:
  • Kabupaten Sidoarjo merupakan salah satu kabupaten yang menerapkan eprocurement. Kabupaten Sidoarjo menerapkan e-procurement pada tahun 2012. Adanya masalah pelayanan pengadaan barang dan jasa yang secara secara konvensional memiliki beberapa kelemahan seperti kurang transparan dan efisien serta kurang berfungsi sebagai perangkat untuk memajukan pembangunan itulah yang menyebabkan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo ingin menerapkan EProcurement dalam pengadaan barang dan jasa. Penelitian ini akan mengkaji tentang pelayanan proses secara manual, pelayanan proses e-procurement di Kantor Unit Layanan Pengadaan (ULP) Sidoarjo, metode-metode pelaksanaan eprocurement, dan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan eprocurement di Kantor Unit Layanan Pengadaan (ULP) Sidoarjo. Penelitian kualitatif deskriptif digunakan untuk menjelaskan upaya peningkatan pelayanan dengan menggunakan aplikasi e-procurement dalam pengadaan barang/jasa di Kabupaten Sidoarjo. Lokasi dan Situs dalam penelitian ini adalah Kantor Unit Layanan Pengadaan Barang/Jasa Kabupaten Sidoarjo yang berada di Jl. Gubernur Suryo No.1, Sidoarjo. Dalam proses wawancara dan observasi ini pengambilan data dengan meminta keterangan langsung pada pihak yang berhubungan dengan data yang diperlukan yaitu dengan Ketua Unit Layanan Pengadaan (ULP) dan beberapa peserta penyedia pengadaan barang/jasa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pelayanan pengadaan barang/jasa pada Unit Layanan Pengadaan Barang/Jasa di Kabupaten Sidoarjo telah menerapkan sistem elektronik sebagai alat bantu kegiatan pengadaan yaitu berupa e-procurement dalam proses pengadaan barang/jasa di Sidoarjo. Sebagai pergantian sistem yang telah dilakukan sebelumnya, yaitu pengadaan melalui sistem konvensional atau manual. Proses pelayanan pengadaan barang/jasa secara elektronik yaitu e-procurement merupakan cara yang efektif agar mereduksi tenaga sumber daya manusia, menghemat biaya penyelenggaraan pelelangan dan mengoptimalkan waktu pelaksanaan. Faktor pendukung dalam penerapan pengadaan barang/jasa di Kantor Unit Layanan Pengadaan (ULP) adalah sumber daya manusia dan layanan infrastruktur dan web. Faktor penghambat dalam penerapan pengadaan barang/jasa di Kantor Unit Layanan Pengadaan (ULP) adalah waktu pelaksanaan pengadaan barang/jasa yang mepet dengan batas akhir tahun anggaran, dan adanya gangguan yang bersifat teknis(kapasitas jaringan).