Pengaruh Pengetahuan Perpajkan, Sosialisasi dan Kualitas Peayanan Fiskus pada KPP Pratama Singoari pada Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi pada Kantor Pelayanan Pajak Singosari)
Main Author: | Agatha, AdeWirianti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/119589/1/e.pdf http://repository.ub.ac.id/119589/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan berdasarkan tingginya jumlah wajib pajak orang pribadi pada KPP Pratama Singosari yang semakin meninggat mulai tahun 2011- 2014. Peningkatan jumlah wajib pajak pada KPP Pratama Singosari dipengaruhi oleh kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Kepatuhan wajib pajak merupakan gambaran tigkat wajib pajak dalam menyampaikan kewajiban perpajakannya. Wajib pajak yang patuh dpat diketahui berdasarkan penyampaian kewajiban perpajakannya yang diukur melalui aspek yuridis, aspek psikologis dan aspek sosiologis, sedangkan kepatuhan wajib pajak orang pribadi tersebut dapat dipengaruhi oleh pengetahuan perpajakan dari wajib pajak tersebut, sosialisasi seta kualitas pelayanan fiskus dari petugas KPP Pratama Singosari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh pengetahuan, sosialisasi dan kualitas pelayanan fiskus terhadap kepaatuhan wajib pajak orang pribadi pada KPP Pratama Singosari baik secara bersama-sama maupun parsial. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadu pada KPP Pratama Singosari. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik probability sampling. Pengumpulan data primer menggunakan kuesioner yang disebar kepada 100 responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan perpajakan, sosialisasi dan kualitas pelayanan fiskus berpengaruh secara bersama-sama maupun parsial terhadap kepatuhan wajib pajak. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa dengan pengetahuan perpajakan yang tingi, sosialisasi yang tepat dan kualitas pelayanan fiskus yang baik dapat meningkatkan kepatuhan wajib pajak orang pribadi pada KPP Pratama Singosari. Variabel kualitas pelayanan fiskus merupakan variabel yang dominan mempengaruhi kepatuhan wajib pajak orang pribadi.