Pengaruh Penerapan Balanced Scorecard Terhadap Kinerja Organisasi (Studi pada Kantor Wilayah DJBC Jawa Timur II)

Main Author: Wati, Fitria
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/119533/1/skripsi_yudisium17.pdf
http://repository.ub.ac.id/119533/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan balanced scorecard terhadap kinerja organisasi dengan menggunakan variabel perspektif finansial (X1), perspektif pelanggan (X2), perspektif proses bisnis internal (X3) serta perspektif pertumbuhan dan pembelajaran (X4) secara simultan dan parsial terhadap kinerja organisasi (Y). Jenis penelitian ini adalah penelitian penjelasan dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 66 pegawai Kantor Wilayah DJBC Jawa Timur II. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 60 pegawai. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial, sehingga dapat diketahui seberapa jauh penerapan balanced scorecard dan kinerja organisasi yang dicapai pada tingkat sig. < 0,05 atau F hitung > F tabel dan t hitung > t tabel. Variabel perspektif finansial, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, serta perspektif pertumbuhan dan pembelajaran secara simultan mempunyai pengaruh signifikan terhadap kinerja organisasi. Hal ini dapat dibuktikan dengan besarnya F hitung sebesar 29,905 (29,905>2,54) dan nilai probabilitas F sebesar 0,000 (0,000<0,05). Variabel Perspektif finansial, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal serta perspektif pertumbuhan dan pembelajaran secara parsial mempunyai pengaruh positif dan variabel Perspektif finansial, perspektif pelanggan, perspektif pertumbuhan dan pembelajaran mempunyai pengaruh yang signifikan namun variabel perspektif proses bisnis internal tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap kinerja organisasi. Besarnya koefisien regresi secara berurutan sebesar 0,455, 0,464, 0,063 dan 0,843 serta nilai probabilitas t secara berurutan sebesar 0,036 (0,036<0,05), 0,017 (0,017<0,05) 0,593 (0,593>0,05) dan 0,000 (0,000<0,000). Perbandingan antara t hitung dan t tabel juga menunjukan variabel Perspektif finansial, perspektif pelanggan, perspektif pertumbuhan dan pembelajaran mempunyai pengaruh yang signifikan namun variabel perspektif proses bisnis internal tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap kinerja organisasi. Besarnya nilai t hitung secara berurutan sebesar 2,151 (2,151>2,004), 2,460 (2,460>2,004), 0,538 (0,538 < 2,004) dan 3,799 (3,799>2,004). Pihak Kantor Wilayah DJBC Jawa Timur II diharapkan dapat mempertahankan serta meningkatkan kinerja organisasi, selain itu diharapkan pula dari pihak pegawai dapat menciptakan inovasi baik berupa gagasan, ide, produk yang memberikan kemudahan pelanggan atau pengguna jasa, sehingga proses bisnis internal Kantor Wilayah DJBC Jawa Timur II dapat mencapai kinerja baik dari segi produktivitas penerimaan negara, responsibilitas, responsivitas dan visi misi dari Kantor Wilayah DJBC Jawa Timur II. Serta lebih vii meningkatkan akan pemahaman dalam penerapan balanced scorecard sehingga Kantor Wilayah DJBC Jawa Timur II dapat menjadi organisasi yang good corporate governance.