Pengaruh Informasi Keuangan Terhadap Underpricing (Studi Pada Perusahaan yang Melaksanakan IPO di Bursa Efek Indonesia Tahun

Main Author: Lestari, FransiskaAprilia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/119514/1/60.pdf
http://repository.ub.ac.id/119514/
Daftar Isi:
  • Salah satu alternatif pendanaan yang dapat dilakukan oleh suatu perusahan yaitu dengan go public. Dengan melakukan go public berarti perusahaan tersebut membagi kepemilikan saham perusahaan kepada masyarakat yang berminat untuk membeli saham perusahaan tersebut atau dengan menjual saham perdananya kepada publik. Istilah yang biasa disebut adalah penawaran umum.perdana atau initial public offering (IPO). Penentuan harga saham di pasar perdana tidak sama tidak sama dengan harga saham di pasar sekunder yang ditentukan oleh hukum penawaran dan permintaan, harga saham di pasar perdana ditentukaebih rendan oleh perusahaan sebagai emiten dan underwriter sebagai penjamin emisi. Overpricing terjadi apabila harga saham saat IPO atau di pasar perdana secara signifikan lebih rendah dibandingkan dengan harga yang terjadi di pasar sekunder pada hari pertama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikasi variabel return on assets (ROA), return on equity (ROE), debt to ratio (DR), terhadap underpricing yang terjadi pada perusahaan yang melakukan IPO pada Bursa Efek Indonesia tahun 2012. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling yang menghasilkan 11 sampel dari 22 perusahaan yang melaksanakan IPO pada tahun 2012. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS 23. Hasil penelitian ini menunjukkan secara simultan ROA, ROE dan DR berpengaruh signifikan terhadap underpricing. Secara parsial, variabel ROA dan ROE memiliki pengaruh signifikan dan negatif sedangkan variabel DR memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap underpricing. Variabel DR dan reputasi underwriter memiliki pengaruh tidak signifikan terhadap underpricing dengan arah koefisien positif.