Pengaruh Efektivitas Iklan Online Terhadap Minat Berkunjung serta Dampaknya pada Keputusan Berkunjung Wisatawan Mancanegara ke DKI Jakarta

Main Author: Rachmadhania, Nabila
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/119507/1/58.pdf
http://repository.ub.ac.id/119507/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efektivitas iklan online terhadap minat berkunjung, mengetahui pengaruh minat berkunjung terhadap keputusan berkunjung, dan mengetahui pengaruh efektvitas iklan online terhadap keputusan berkunjung wisatawan mancanegara ke DKI Jakarta. Diharapkan dari informasi yang diperoleh dapat dipergunakan kementerian pariwisata atau pengelola destinasi wisata untuk mengembangkan promosi pariwisata melalui iklan online. Jenis penelitian ini adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini meliputi efektivitas iklan online, minat berkunjung dan keputusan berkunjung. Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan mancanegara yang telah melihat iklan online pariwisata DKI Jakarta dan berumur lebih dari 17 tahun. Sampel dari penelitian ini berjumlah 113 orang responden dengan teknik pengambilan purposive sampling dan pengumpulan data melalui kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis). Hasil analisis jalur menunjukan adanya pengaruh yang signifikan antara variabel efektivitas iklan online terhadap minat berkunjung, adanya pengaruh signifikan antara minat berkunjung terhadap keputusan berkunjung, dan adanya pengaruh signifikan antara efektivitas iklan online terhadap keputusann berkunjung yang dimediasi oleh minat berkunjung. Sehingga untuk meningkatkan keputusan berkunjung sebaiknya pengelola pariwisata meningkatkan efektivitas iklan online untuk menambah minat berkunjung wisatawan mancanegara ke DKI Jakarta.