Pengaruh Organizational Citizenship Behavior (OCB) Terhadap Kinerja (Studi pada Tenaga Perawat Ruang Rawat Inap RumahSakit Baptis Batu)

Main Author: Putri, YumnaDalian
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/119488/1/ABSTRAK.pdf
http://repository.ub.ac.id/119488/2/SKRIPSI.pdf
http://repository.ub.ac.id/119488/
Daftar Isi:
  • RS Baptis Batu memberikan pelayanan kepada masyarakat Kota Malang dan Batu dengan menanamkan nilai “BAPTIS” (Belas kasih, Asertif, Profesional, Tim Kerja, Integritas, Sejahtera) kepada seluruh staf yang bekerja di RS Baptis Batu. Dengan menanamkan nilai “BAPTIS” RS Baptis Batu secara stimulus memberikan pemahaman agar segala tindakan yang dilakukan untuk memberikan pelayanan berdasarkan nilai tersebut. Kinerja yang diberikan oleh perawat kepada pihak rumah sakit merupakan pelayanan kepada pasien. Kinerja didukung oleh faktor eksternal maupun internal sedangkan OCB merupakan perilaku dari dalam diri karyawan, yang berpengaruh kepada lingkungan internal perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh antara Variabel OCB dalam penelitian ini sesuai dengan Organ (1998) dalam Kusdi (2011:111) yaitu Altruism, Conscientiousness, Sportmanship, Courtesy, Civic Virtue. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksplanatif yang menguji keterkaitan antara variabel independen dan variabel dependen yaitu mengenai pengaruh Organizational Citizenship Behavior (OCB) dan kinerja perawat ruang rawat inap pada RS Baptis Batu. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah linear berganda dengan sampling jenuh. Peneliti memperoleh data primer melalui persebaran kuisioner pada 49 perawat ruang rawat inap yang bekerja di RS Baptis Batu. Menggunakan uji hipotesis secara parsial parsial (Uji t) dan uji hipotesis secara simultan (Uji F). Hasil penelitian dan hasil uji hipotesis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan pada Uji F, yaitu antara variable-variabel OCB yakni Altruism (X1), Conscientiousness (X2), Sportsmanship (X3), Courtesy (X4), Civic Virtue (X5) sebagai variable independen secara simultan terhadap kinerja karyawan. Sedangkan pada Uji t salah satu variabel bebas yaitu Courtesy (X4) secara parsial tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan. Hasil penelitian merujuk pada saran dimana sebaiknya perilaku Courtesy ini didukung dan perhatikan keberadaannya. Untuk mendukung perilaku terbuka didalam sebuah perusahan dapat dilakukan melalui kegiatan-kegiatan yang membantu kebersamaan antara karyawan. Hal ini dimaksud agar informasi mengenai kebijakan, maupun koordinasi kerja dapat berjalan dengan cepat dan baik antar karyawan RS Baptis Batu.