Pengaruh Kualitas Sistem Informasi Reservasi Kamar Hotel Secara Online Terhadap Kepuasan Pengguna (Studi Pada Mahsiswa Pengguna Traveloka di Kota Malang)
Main Author: | Herlambang, Mustika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/119456/1/Skripsi_Mustika_Herlambang.pdf http://repository.ub.ac.id/119456/ |
Daftar Isi:
- Sistem informasi merupakan komponen yang sangat penting untuk mendukung fungsi dan kegiatan operasional dalam suatu organaisasi atau perusahaan. Sistem informasi saat ini telah banyak digunakan pada berbagai bidang usaha, salah satunya usaha akomodasi perhotelan. Berbicara tentang perhotelan, maka tidak lepas dari kegiatan reservasi kamar hotel. Reservasi akan berjalan efektif dan efisien apabila didukung dengan adanya kualtias sistem inforamsi yang baik. Kualitas sistem informasi yang baik dapat dilihat dari tiga aspek, yaitu kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas pelayanan elektronik. Ketiga aspek tersebut dapat mempengaruhi kepuasan dari pengguna sistem informasi. Kepuasan pengguna dapat diperoleh melalui evaluasi persepsi terhadap hasil yang didapatkan setelah menggunakan sistem informasi. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh 1) Variabel kualitas sistem terhadap kepuasan pengguna, 2) Variabel kualitas informasi terhadap kepuasan pengguna, dan 3) Variabel kualitas pelayanan elektronik terhadap kepuasan pengguna. Penelitian ini menggunakan metode peneletian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Objek penelitian ini adalah pengguna Traveloka di Kota Malang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling dengan menggunakan rumus Machin dan Champbell dan mendapatkan sampel sebanyak 113 responden. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah dengan menyebarkan kuisioner kepada pengguna Traveloka di Kota Malang. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, dan analisis regresi linier berganda. Hipotesis pertama pada penelitian ini yaitu kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas pelayanan elektronik berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pengguna. Hipotesis kedua yaitu kualitas sistem berpengaruh terhadap kepuasan pengguna. Hipotesis ketiga yaitu kualitas informasi berpengaruh terhadap kekpuasan pengguna. Hipotesis keempat yaitu kualitas pelayanan elektronik berpengaruh terhadap kepuasan pengguna. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas pelayanan elektronik memiliki pengaruh signifikan secara simultan terhadap kepuasan pengguna. Secara parsial, kualitas informasi dan kualitas pelayanan elektronik memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna, sedangkan kualitas sistem tidak memilki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna.