Implementasi Kebijakan Sistem Pengaduan Online melalui Website Pemerintah Kota Malang (Studi Implementasi Peraturan Walikota Malang Nomor 19 Tahun 2010 pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malan
Main Author: | Widyasari, Yana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/119445/1/output.pdf http://repository.ub.ac.id/119445/ |
Daftar Isi:
- Sistem pengaduan online melalui website pemerintah Kota Malang adalah pelayanan publik berupa sarana pengaduan masyarakat berbasis online yang diatur dalam Peraturan Walikota Malang Nomor 19 Tahun 2010 agar pemerintah dan masyarakat dapat saling berkomunikasi dengan baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis (1) implementasi sistem pengaduan online melalui website Pemerintah Kota Malang terhadap Peraturan Walikota Malang Nomor 19 Tahun 2010 (2) dampak implementasi sistem pengaduan online melalui website pemerintah Kota Malang. Sumber data penelitian diperoleh melalui data primer yang didapatkan dengan wawancara dan observasi serta data sekunder yang berupa dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis data model interaktif Miles, Huberman dan Saldana dengan tahapan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa implementasi sistem pengaduan online melalui website Pemerintah Kota Malang terhadap Peraturan Walikota Malang Nomor 19 Tahun 2010 yang dilaksanakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika sudah relatif baik. Hal ini terlihat dari penyaluran komunikasi yang disampaikan dalam bentuk bimbingan teknis untuk pegawai dan sosialisasi kepada masyarakat pada setiap kegiatan Dinas Komunikasi dan Informatika, sumber daya yang terdiri dari (1) manusia/staf masih terdapat handle pekerjaan yang dilakukan beberapa pegawai, (2) informasi berupa sosialisasi dan pertemuan rutin dilakukan, dan (3) fasilitas yang ada sudah memadai untuk pelaksanaan kegiatan sistem pengaduan online. Dampak implementasi sistem pengaduan online melalui website Pemerintah Kota Malang meliputi prosedur pelayanan, kemudahan akses, dan waktu pelayanan. Saran yang dapat diberikan adalah sistem pengaduan online melalui website Pemerintah Kota Malang masih perlu perbaikan dibeberapa aspek. Sosialisasi yang bersifat menyeluruh dan berkelanjutan agar informasi tentang sistem pengaduan online harus lebih merata, penambahan pegawai agar pelaksanaan kebijakan lebih efektif, adanya penambahan fasilitas jaringan internet dan kualitas pengamanan data serta perlu adanya agenda pertemuan rutin oleh Dinas Komunikasi dan Informatika yang diadakan dengan SKPD untuk pengevaluasian sistem pengaduan online.