Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Ekspor ( Studi Pada PT. Semen Indonesia Tbk)

Main Author: Suyoso, AliftaPrajna
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/119405/1/ALIFTA_PRAJNA_SUYOSO.pdf
http://repository.ub.ac.id/119405/
Daftar Isi:
  • PT Semen Indonesia Tbk merupakan salah satu perusahaan semen terbesar di Indonesia, yang berlokasi di Gresik, Jawa Timur, salah satu tujuan perusahaan yaitu menjadi produsen semen yang berdaya saing tinggi, sehingga dibutuhkan strategi dalam melakukan pemasaran agar dapat meningkatkan penjualan serta bersaing dengan pesaing baik dari dalam negeri maupun luar negeri dan meningkatkan volume penjualan yang tidak stabil. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan PT Semen Indonesia (2) Mengetahui faktor peluang dan ancaman, kekuatan dan kelemahan perusahaan, dan (3) Menganalisis strategi yang tepat digunakan perusahaan untuk meningkatkan volume ekspor. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode analisis yang digunakan adalah analisis SWOT ( Strenghts, Weaknesses, Opportunities, dan Threats), dengan matriks EFAS, IFAS, IE, dan matriks SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Semen Indonesia Tbk menggunakan strategi STP dan bauran pemasaran dalam pemasarannya. Melalui Analisis SWOT diketahui bahwa kekuatan perusahaan terletak pada kualitas produk yang dimiliki PT Semen Indonesia terjamin, sedangkan kelemahan perusahaan terletak pada proses packing yang dapat meningkatkan biaya. Peluang perusahaan adalah permintaan pasar tinggi di di Asia Tenggara, sedangkan ancaman perusahaan adalah pesaing dari perusahaan besar dengan produk yang sejenis. Alternatif strategi yang dapat digunakan perusahaan yaitu mempertahankan dan memanfaatkan macam produk, kualitas produk, jangkauan distribusi, bahan baku, memanfaatkan fundamental keuangan, dan mempertahankan Sumber Daya Manusia, terus melakukan kegiatan promosi, melakukan riset pasar, menambah pabrik baru di tempat strategis untuk mengurangi biaya sehingga harga dapat lebih bersaing dan sebaiknya pabrik baru terletak di dekat pabrik packing plant dan dermaga distribusi agar dapat mengurangi biaya dan menekan harga jual produk. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu strategi yang telah diterapkan PT Semen Indonesia sudah cukup baik, akan tetapi untuk keberlangsungan ekspor perusahaan, perlu ditingkatkan lagi dengan beberapa alternatif strategi yang telah dirumuskan berdasarkan visi, misi, analisis internal dan eksternal perusahaan.