Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Citra Perusahaan Multinasional (Survei pada Konsumen Unilever di Indonesia Mengenai Program “Project Sunlight” PT. Unilever Indonesia Tbk.)

Main Author: Kartikasari, NoviaDessy
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/119384/1/PENGARUH_CORPORATE_SOCIAL_RESPONSIBILITY_%28CSR%29_TERHADAP_CITRA_PERUSAHAAN_MULTINASIONAL.pdf
http://repository.ub.ac.id/119384/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh dari corporate social responsibility (CSR) terhadap citra perusahaan multinasional. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah CSR dan citra perusahaan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner secara online. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen Unilever di Indonesia yang telah mengetahui mengenai Program “Project Sunlight”. Sampel pada penelitian ini berjumlah 116 responden yang diambil dengan menggunakan teknik pengambilan sampel incidental sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel bebas yang terdiri dari Ekonomi (X1), Lingkungan (X2), dan Sosial (X3) secara bersama-sama memiliki pengaruh signifikan terhadap citra perusahaan. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji F yang menunjukkan nilai signifikansi lebih kecil dari alpha yang digunakan (0,000 < =0,05). Dari hasil penelitian juga diketahui bahwa variabel Ekonomi (X1) memiliki pengaruh signifikan secara parsial terhadap citra perusahaan dilihat dari hasil uji T yang menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari alpha yang digunakan (0,000 < =0,05). Variabel Lingkungan (X2) memiliki pengaruh signifikan secara parsial terhadap citra perusahaan dilihat dari hasil uji T yang menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari alpha yang digunakan (0,000 < =0,05). Variabel Sosial (X3) memiliki pengaruh signifikan secara parsial terhadap citra perusahaan dilihat dari hasil uji T yang menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari alpha yang digunakan (0,000 < =0,05).