Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Berkunjung Dengan Citra Destinasi Sebagai Variabel Mediasi (Survei Pada Wisatawan Jawa Timur Park 1 Kota Batu)
Main Author: | Hania, Arizqy |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/119375/1/SKRIPSI_ARIZQY_HANIA.pdf http://repository.ub.ac.id/119375/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran promosi terhadap keputusan berkunjung secara langsung dan pengaruh bauran promosi terhadap keputusan berkunjung yang dimediasi oleh citra destinasi. Diharapkan dari informasi yang diperoleh dapat dipergunakan oleh destinasi Jatimpark 1 dalam merumuskan strategi promosi dalam meningkatkan kunjungan wisatawan ke Jatimpark 1. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunkana kuesioner. Populasi penelitian ini adalah seluruh wisatawan yang berkunjung ke Jatimpark 1 serta sampel yang dipakai dalam penelitian ini adalah wisatawan yang telah berkunjung ke Jatimpark 1. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah simple random sampling dengan 116 responden. Sedangkan alat analisis yang dipakai adalah analisis jalur (Path Analisis). Hasil pengujian dari ketiga hipotesis diperoleh adanya pengaruh langsung yang signifikan variabel bauran promosi terhadap citra destinasi, adanya pengaruh yang signifikan pengaruh variabel citra destinasi terhadap keputusan berkunjung, dan adanya pengaruh signifikan pengaruh bauran promosi terhadap keputusan berkunjung. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh diketahui bahwa terdapat pengaruh tidak langsung bauran promosi terhadap keputusan berkunjung dengan citra destinasi sebagai variabel mediasi. Apabila bauran promosi dimediasi oleh variabel citra destinasi maka akan mengalami kenaikan sebesar 1 satuan, sehingga variabel keputusan berkunjung akan meningkat sebesar 0,326 satuan dengan asumsi variabel yang lain konstan. Sehingga dapat diketahui bahwa pengaruh bauran promosi terhadap keputusan berkunjung dengan citra destinasi lebih besar dari pada pengaruh langsung bauran promosi terhadap keputusan berkunjung.