Pengaruh Customer Value Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Berkunjung (Studi Pada Pengunjung Pantai Balekambang, Malang)
Main Author: | Sihite, Rahmawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/119338/1/skripsi_rahma_cetak.pdf http://repository.ub.ac.id/119338/ |
Daftar Isi:
- Pariwisata merupakan salah satu sektor yang banyak dikembangkan oleh berbagai daerah diseluruh penjuru tanah air, termasuk di Kabupaten Malang. Jenis pariwisata yang banyak dikembangkan di Kabupaten Malang adalah jenis pariwisata alam berupa pariwisata pantai. Namun karena banyaknya jumlah wisata pantai baru yang bermunculan, maka penciptaan Customer Value dan keberadaan Word of Mouth yang baik atas Pantai Balekambang diharapkan dapat menjadi suatu cara untuk menghadapi persaingan dan meningkatkan jumlah kunjungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh Customer Value (X1) dan Word of Mouth (X2) secara parsial dan bersama-sama terhadap Keputusan Berkunjung (Y). Jenis penelitian yang digunakan ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 115 wisatawan yang pernah berkunjung dan pernah mendengarkan berita word of mouth tentang Pantai Balekambang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan cara purposive sampling. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan pengujian hipotesis yaitu uji F (bersama-sama) dan uji t (parsial) dengan menggunakan software SPSS for windows versi 21,00. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Customer Value (X1) dan Word of Mouth (X2) secara parsial dan bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Berkunjung (Y). Secara parsial, nilai Sig. t variabel Customer Value (X1) dan Word of Mouth (X2) masing-masing adalah 0,000 dimana Sig. t 0,000 < 0,10 menunjukkan H0 ditolak dan hipotesis pertama diterima. Sementara nilai Signifikansi F sebesar 0,000 dimana nilai Sig. F 0,000 < 0,10 menunjukkan bahwa H0 ditolak, dan hipotesis kedua yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh secara bersama-sama dari variabel Customer Value (X1) dan Word of Mouth (X2) terhadap Keputusan Berkunjung (Y) dapat diterima. Nilai R square sebesar 0,736 menunjukkan bahwa 73,6% variabel Keputusan Berkunjung (Y) dipengaruhi oleh variabel Customer Value (X1) dan Word of Mouth (X2), sedangkan sesanya 26,4% variabel Keputusan Berkunjung akan dipengruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Hasil dari analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel Word of Mouth (X2) memiliki pengaruh dominan terhadap variabel Keputusan Berkunjung (Y).