Analisis Segmentation, Targeting, dan Positioning dalam Rangka Meningkatkan Daya Saing Melalui Strategi Pemasaran di Toko Pia Cap Mangkok Cabang Semeru

Main Author: Astina, SylviaTri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/119329/1/Skripsi_Sylvia_Tri_Astina-125030807111020.pdf
http://repository.ub.ac.id/119329/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan atas dasar banyaknya kompetitor produk pia mangkok yang berkembang pesat sehingga dibutuhkan suatu strategi pemasaran yang mampu mempertahankan daya saing produk pia mangkok. Penelitian kali ini adalah deskriptif kualitatif, terfokus pada analisis STP, karena pengelola Toko Pia Cap Mangkok Cabang Semeru selama ini mengaku belum mengenal karakteristik dan kebutuhan segmen pasarnya secara spesifik. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis data model interaktif Miles dan Huberman (2014). Sedangkan untuk mengukur keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber (Moleong, 2007). Berdasarkan hasil survei terhadap 30 konsumen, segmen pasar yang ada selama ini memiliki karakteristik dan kebutuhan yang beragam. Adapun segmen pasar yang dominan meliputi segmen pasar dengan karakteristik: (1) perempuan, berusia dewasa, sudah menikah, bekerja sebagai pegawai swasta, pendapatan lebih dari Rp 5.000.000,-; pendidikan terakhir S1, beragama Islam, ras pribumi, berkebangsaan Indonesia (demografis); (2) berdomisili dan atau berasal dari Kota Malang (geografis); (3) hobby kuliner, kalangan menengah ke atas (psikografis); (4) membeli pia mangkok untuk oleholeh pribadi, varian isi favorit kacang hijau; packaging isi 5. Jika disimpulkan, maka produk pia mangkok ini merupakan produk pia yang sudah dikenal enak; eksklusif; namun memiliki harga yang terjangkau bagi konsumennya. Variabel bauran pemasaran yang perlu diperbaiki adalah place dan promotion. Selain itu, pengelola perlu melakukan sertifikasi produk, bauran harga yang lebih menarik, penambahan stok pia dan lahan parkir.