Pengaruh Kinerja Pegawai Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Petani (Studi pada Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN) di Dinas Pertanian, Perikanan, dan Peternakan Kota Blitar)

Main Author: MohammadFaizalRespatiK
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/119323/1/SKRIPSI_MOHAMMAD_FAIZAL_R_K__%28125030107111081%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/119323/
Daftar Isi:
  • Kepuasan merupakan unsur yang sangat penting dalam usaha untuk meningkatkan kinerja dan kualitas pelayanan publik. Terdapat beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan yaitu kinerja pegawai dan kualitas pelayanan. Penelitian ini menguji sejauh mana pengaruh kinerja pegawai terhadap kepuasan dan sejauh mana pengaruh kualitas pelayanan serta faktor mana yang paling dominan diantara kedua faktor tersebut yang memiliki pengaruh lebih besar terhadap kepuasan. Penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan atau explanatory research dengan pendekatan kuantitatif dengan prosedur pengumpulan data survei. Skala pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan skala linkert. Metode Penentuan jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan rumus slovin dengan nilai toleransi 10%, sehingga didapatkan 97 sampel yang dibulatkan menjadi 100 sampel dari 3502 populasi petani yang menjadi anggota Gabungan Kelompok Tani Di Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan Kota Blitar. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer melalui kuesioner. Uji yang digunakan adalah uji instrumen penelitian meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji analisis deskriptif untuk uji interprestasi, uji asumsi klasik yang dalam penelitian ini meliputi uji normalitas, multikolinearitas, dan heterokedastisitas, uji analisis regresi menggunakan regresi linier berganda, untuk uji hipotesis meliputi uji simultan, parsial dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengujian secara simultan dari kinerja pegawai (X1) dan kualitas pelayanan (X2) berpengaruh terhadap kepuasan petani. Dari hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan 0,353 yang artinya 35,3% kepuasan petani dipengaruhi oleh variabel bebas yang diteliti, yaitu kinerja pegawai (X1) dan kualitas pelayanan (X2), sedangkan sisanya sebesar 64,7% dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak dibahas di dalam penelitian ini. Pegawai Dinas Pertanian, Perikanan, dan Peternakan Kota Blitar diharapkan agar tetap mempertahankan dan meningkatkan kinerja dan kualitas pelayanan untuk dapat lebih terciptanya kepuasan petani.