Analisis Pengaruh Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Dampaknya terhadap Loyalitas Pelanggan (Survei pada Pengguna sepeda motor Honda Vario all variant di service center Honda AHAS Sukma M

Main Author: AfHami, MochLutfiSalis
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/119302/1/BAB_III_.pdf
http://repository.ub.ac.id/119302/2/COVER.pdf
http://repository.ub.ac.id/119302/3/BAB_II.pdf
http://repository.ub.ac.id/119302/4/BAB_1.pdf
http://repository.ub.ac.id/119302/4/BAB_IV.pdf
http://repository.ub.ac.id/119302/5/BAB_V.pdf
http://repository.ub.ac.id/119302/6/DAFTAR_ISI.pdf
http://repository.ub.ac.id/119302/7/daftar_pustaka.pdf
http://repository.ub.ac.id/119302/
Daftar Isi:
  • Persaingan dalam dunia bisnis selalu berkembang mengikuti tren yang sedang diminati oleh pelanggan, yang berarti sekaligus peningkatan standarisasi bagi setiap produsen untuk memberikan penawaran yang berkaitan dengan harapan pelanggan terhadap suatu produk. Strategi Nilai Pelanggan adalah strategi yang diaplikasikan untuk menciptakan suatu penawaran baik dalam hal kualitas produk, nilai sosial, nilai emosional dan harga merupakan bagian dari Nilai Pelanggan yang menjadi faktor-faktor yang dapat mempengaruhi terjadinya Kepuasan Pelanggan yang berdampak terciptanya Loyalitas Pelanggan. Salah satu perusahaan yang menerapkan Nilai Pelanggan dan diamati dalam penelitian ini adalah produsen motor Honda yaitu Honda Vario, merupakan produk unggulan dari jenis motor matic yang sedang mengalami peningkatan penjualan dari tahun-ketahun. Hal tersebut merupakan suatu dampak dari diterapkannya strategi pemasaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel yang terlibat adalah sebanyak 116 responden, responden yang dimaksud adalah pelanggan Honda Vario all variant yang sedang melakukan service di service center Honda AHASS Jl Sigura-gura Barat kota Malang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Accidental sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara varibel Nilai Pelanggan (X) terhadap Kepuasan Pelanggan (Y1). Terdapat pengaruh yang signifikan antara varibel Nilai Pelanggan (X) terhadap variabel Loyalitas Pelanggan (Y2). Variabel Kepuasan Pelanggan (Y1) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel Loyalitas Pelanggan (Y2). Dari hasil penelitian, baik variabel Nilai Pelanggan, varibel Kepuasan Pelanggan dan variabel Loyalitas Pelanggan terbukti memiliki pengaruh yang signifikan akan tetapi varibel Nilai Pelanggan adalah variabel dengan pengaruh terbesar oleh sebab itu produsen Honda Vario lebih memperhatikan Nilai Pelanggan jika perusahaan menginginkan terjadinya Kepuasan Pelanggan yang berdampak pada Loyalitas Pelanggan.